Sukses

Makna Hari Kartini di Mata Erick Thoh

Menteri Erick memandang dua aspek yang bisa disikapi dalam momentum Hari Kartini. Yakni di keluarga dan di lingkungan kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir punya pandangan mendalam menyikapi Hari Kartini. Ia bahkan menyebutnya sebagai hal yang kompleks. 
 
Menteri Erick memandang dua aspek yang bisa disikapi dalam momentum Hari Kartini. Yakni di keluarga dan di lingkungan kerjanya. 
 
"Tentu di keluarga itu hubungan saya dengan ibu saya, dan orang semua tahu, kalau mau suksss harus sayang sama ibunya. Saya juga melihat di keluarga saya, penting untuk hidup di keluarga kita, penting untuk membangun sebuah karakter, itu jadi kunci kita untuk kemajuan masa depan," papar dia dalam BRI WOMAN Wonderful and Magnificent 2022 di Sentul International Convention Centre, Kamis (21/4/2022). 
 
Masih di lingkungan keluarga, kata Menteri Erick, sang istri jadi sosok yang luar biasa. Erick berkisah sang istri mau menghabiskan waktunya di rumah meski memiliki pendidikan tinggi. 
 
"Mendidik anak juga bagaimana mendapingi seorang suami dan tentu anak-anak saya yanh perempuan, bagaimana mereka kita tekankan untuk tidak lupa tentu menjaga dirinya dan berbuat baik kepada sekitarnya," papar Erick. 
 
Ia juga mengisahkan, salah satu anak perempuannya yang berusaha membangun kesejahteraan di desa. Caranya dengan membawa karya rintisannya. 
 
"Gimana Asha itu masa liburan dia turun ke desa dengan bawa start up, lalu berkesempatan perusahaan Bloomberg untuk membuat foundation," katanya. 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percaya Keseimbangan

Menteri Erick memaparkan sikapnya di lingkungan kerja. Ia menyebut hal ini terkait kesetaraan di lingkungan Kementerian BUMN. 
 
"Dalam bekerja saya percaya sekali keseimbangan, kenapa sejak awal saya menjadi Menteri saya minta kesetaraan gender. Kita minta 15 persen (pemimpin) wanita (di 2021), dan 2023 harus 25 persen," paparnya. 
 
Menteri Erick menilai porsi wanita dalam lingkup pekerjaan memiliki peran penting. Salah satunya dalam mengambil keputusan penting di perusahaan. 
 
"Saya percaya, problemnya di perusahaan itu terjadi adanya persekongkolan. Biasanya kalau laki-laki kan begaulnya sama, kemungkinan gampang tergoda untul bersepakat melakukan sesuatu, kalau ada wanita diharapkan jadi ada keseimbangan," terangnya. 
 
"Wanita ini punya softskill yang kuat dalam mendampingi dan merawat, kalau laki-laki kam leadershipnya lebih terlihat, meski sekarang sudah banyak leadership perempuan," imbuh Erick.
3 dari 3 halaman

Pesan Jokowi di Hari Kartini 2022

Pada Kamis hari ini, 21 April 2022 masyarakat Indonesia menyambut Hari Kartini dalam memperingati pahlawan nasional yang memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

R.A Kartini tak lepas dari sosoknya yang mempejuangkan emansipasi perempuan di Tanah Air.

Dikutip laman Kemdikbud, Kamis (21/4/2022), lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879, Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai sosok yang mempelopori kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di Indonesia.

Semasa hidupnya, R.A. Kartini melihat banyak diskriminasi yang terjadi antara laki-laki dan perempuan pada masa itu di mana beberapa perempuan sama sekali tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan. 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu figur di Tanah Air yang ikut menyambut Hari Kartini tahun ini. 

Sambutan itu ia sampaikan dalam sebuah unggahan di laman Instagram resminya. 

Dalam unggahan tersebut, terlihat sebuah video ilustrasi yang menggambarkan R.A Kartini.

"Selamat Hari Kartini," demikian tertulis dalam video unggahan @Jokowi di Instagram. 

"Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi. Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," tutur Jokowi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Selain Jokowi, sambutan Hari Kartini juga disampaikan  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, di platform yang sama. 

"Selamat Hari Kartini 21 April 2022," demikian postingan Menko Luhut di fitur Insta Story, Kamis (21/4). 

"Semangat perempuan Indonesia yang merdeka dan berdaya, adalah sumber inspirasi pembangunan bangsa yang berkelanjutan," sambungnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.