Sukses

Masjid At-Thohir Diresmikan Jokowi, Erick Thohir: Ini Cita-Cita Bapak Kami

Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid At-Thohir di Tapos, Kota Depok, Rabu (9/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Masjid At-Thohir di Tapos, Kota Depok, Rabu (9/3/2022). Menteri BUMN Erick Thohir menyebut masjid ini merupakan cita-cita mendiang almarhum ayahnya.

Erick Thohir menyebut masjid ini akan jadi sarana dakwah sekaligus menghidupkan hubungan antar umat muslim.

"Alhamdulillah, hari ini Masjid At Thohir diresmikan Bapak Presiden Haji Joko Widodo," tulisnya di Instagram @erickthohir, ditulis Kamis (10/3/2022).

"Ini kami bangun untuk mewujudkan salah satu cita-cita Bapak kami: mendirikan sebuah masjid. Selain menjadi sarana ibadah dan dakwah, juga sarana merekatkan ukhuwah umat Islam," tambah Erick.

Berdirinya masjid ini, kata Erick sebagai bentuk bakti seorang anak kepasa ayahnya. Ia pun meminta doa agar masjid ini bisa bermanfaar bagi umat.

"Masjid At-Thohir adalah tanda bakti kami kepada almarhum Bapak kami, Haji Muhammad Thohir. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat untuk menghidupkan masjid ini. Agar dapat memberikan sebesar-besarnya manfaat buat masyarakat," tutur Erick.

Informasi, Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diresmikan Jokowi

Dalam sambutannya, Presiden berharap kehadiran masjid ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman, di samping sebagai tempat ibadah umat Islam.

"Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik," ujar Jokowi.

Selain itu, Presiden juga berpesan agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi, memperkuat moderasi beragama, sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa, serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Kepala Negara menambahkan, keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam. Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Presiden, juga mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

"Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui, tadi yang disampaikan oleh Pak Boy, kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi oleh tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.