Sukses

Bos Bank Dunia Gambarkan Perang Rusia Ukraina Sebagai Bencana Global

Harga pangan ikut melonjak imbas Perang Rusia Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan perang Rusia Ukraina bakal menjadi bencana bagi dunia yang bisa memangkas pertumbuhan ekonomi global.

Dia menyatakan keprihatinan terbesar jika invasi Rusia ke  Ukraina adalah tentang hilangnya nyawa manusia yang sedang terjadi. Ribuan warga sipil dan tentara diperkirakan tewas akibat pertempuran tersebut.

"Perang di Ukraina datang pada saat yang buruk bagi dunia karena inflasi sudah meningkat," kata David Malpass melansir BBC, Jumat (4/3/2022).

Malpass mengatakan dampak ekonomi dari perang membentang di luar perbatasan Ukraina, dan kenaikan harga energi global khususnya paling memukul orang miskin, seperti halnya inflasi.

Harga pangan ikut melonjak imbas perang, dan merupakan pertimbangan dan masalah yang sangat nyata bagi orang-orang di negara-negara miskin.

Malpass menunjukkan bahwa baik Rusia dan Ukraina adalah produsen makanan besar. Ukraina adalah produsen minyak bunga matahari terbesar di dunia, dengan Rusia nomor dua, menurut S&P Global Platts. Di antara mereka, mereka menyumbang 60 persen dari produksi global.

Kedua negara juga menyumbang 28,9 persen dari ekspor gandum global menurut JP Morgan. Harga gandum di bursa berjangka Chicago telah diperdagangkan pada level tertinggi 14 tahun.

Ukraina adalah produsen minyak bunga matahari terbesar di dunia tetapi perang telah menghentikan ekspor.

Pasokan komoditas ini oleh Rusia sedang dibatasi karena sanksi yang meluas yang mempersulit seluruh dunia untuk membeli produknya. Pasokan Ukraina telah dihentikan karena pertempuran telah menutup pelabuhan negara itu.

"Tidak ada cara untuk menyesuaikan diri dengan cukup cepat terhadap hilangnya pasokan dari Ukraina dan Rusia, sehingga menambah harga," kata Malpass.

Dia mengatakan hal yang sama berlaku untuk pasokan energi Rusia, dan itu sangat merusak Eropa barat, di mana pemerintah telah "mengabaikan aspek lain tentang bagaimana memiliki listrik yang cukup".

Sekitar 39 persen listrik UE berasal dari pembangkit listrik yang membakar bahan bakar fosil, dan Rusia adalah sumber terbesar minyak dan gas tersebut.

Saat UE ingin mempercepat transisinya ke sumber energi lain, pemerintah Vladimir Putin "mungkin akan kehilangan sebagian pasar mereka secara permanen", kata Malpass.

Kehilangan pendapatan seperti itu hanyalah salah satu cara perang ini akan merusak standar hidup di Rusia, demikian juga jatuhnya nilai rubel dan inflasi yang diakibatkannya.

"Perang di Ukraina akan menyebabkan lebih banyak masalah bagi ekonomi global," kata David Malpass.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bank Dunia Bantu Ukraina

Bank Dunia telah berkomitmen USD 7,9 miliar untuk membantu mengembangkan ekonomi Ukraina sejak revolusi 2014.

Uang itu telah membantu negara melembagakan reformasi ekonomi yang luas termasuk privatisasi di sektor energi dan perbankan, serta upaya untuk membuat lahan pertaniannya lebih produktif.

Kurang dari sebulan sebelum invasi Rusia Bank sentral independen Ukraina memperkirakan bahwa ekonomi USD 180 miliar akan tumbuh 3,4 persen tahun ini, usai mengalami kesulitan pandemi.

Namun, perang berarti "dampak bencana bagi perekonomian kita untuk kawasan secara keseluruhan", menurut Alexander Rodnyansky, yang merupakan penasihat ekonomi Presiden Zelensky.

"Kami telah melihat penghancuran besar-besaran jalan dan jembatan dan infrastruktur. Jadi itu adalah sesuatu yang harus dibangun kembali selama bertahun-tahun ketika perang berakhir.

"Sulit untuk menyebutkan angkanya sekarang. Tapi kita sudah bisa melihat bahwa kita telah menyerahkan persentase dan pertumbuhan PDB hanya karena apa yang sudah terjadi."

Dengan ratusan ribu orang Ukraina melarikan diri dari negara itu atau bergabung dalam perang melawan Rusia, tenaga kerja telah menyusut secara dramatis, yang membuat sulit untuk menjaga ekonomi waktu perang tetap berjalan.

Menurut Alexander Rodnyansky, yang merupakan Penasihat Ekonomi Presiden Zelensky, perusahaan barat besar, seperti produsen makanan Nestle dan pembuat bir Carlsberg, memiliki operasi besar di Ukraina yang telah terganggu oleh perang.

Lonjakan investasi asing dalam beberapa tahun terakhir membantu membentuk kembali ekonomi Ukraina di tengah pemberantasan korupsi yang merupakan bagian dari kesepakatan untuk dukungan pembangunan dari Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

Rodnyansky mengatakan bahwa pergeseran benar-benar mencerminkan keinginan rakyat di Ukraina untuk berintegrasi dengan Uni Eropa, untuk menjadi bagian dari keluarga Eropa, dan hanya memiliki negara yang demokratis, kuat, dan bebas secara ekonomi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.