Sukses

Jalan Tol Binjai Langsa Bisa Pangkas Biaya Logistik hingga 75 Persen

Jokowi meyakini Jalan Tol Binjai Langsa bisa terhubung dengan sentra-sentra produksi, kawasan pariwisata, pertanian, dan perkebunan.

Liputan6.com, Jakarta Peresmian Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Binjai Langsa, diyakini bisa mengurangi biaya logistik hingga 75 persen. Jalan tol ini diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (4/2/2022).

Diketahui, sebelum meresmikan ruas tol Binjai-Stabat Langsa sepanjang 11,8 km, pada pagi hari Jokowi mengunjungi Kabupaten Karo yang merupakan sentra produksi jeruk.

Jokowi meyakini jalan tol yang baru diresmikan bisa terhubung dengan sentra-sentra produksi, kawasan pariwisata, pertanian, dan perkebunan.

Infrastruktur jalan yang bagus dan mulus, akan mempengaruhi struktur biaya dalam harga komoditas.

Dia mencontohkan jeruk yang banyak dihasilkan di Sumatera. Dengan biaya logistik lebih murah maka harga jeruk bisa sangat kompetitif.

Jokowi berani menjamin tidak akan kalah harga jeruk lokal dibandingkan dengan harga-harga impor. “Kita ini sering kalah produk kita dengan barang impor karena harga kita terlalu tinggi dan harganya terlalu tinggi itu, disebabkan oleh biaya logistik yang mahal, biaya transportasi yang mahal dan tadi kelihatan jeruk, begitu jalannya diperbaiki ongkos logistik transportasi turun berapa persen 75 persen,” jelas dia saat peresmian.

Pembangunan jalan tol dikatakan memang ditujukan untuk rakyat. Mereka yang dimaksud seperti petani, pekebun, hingga pengusaha pariwisata bisa menikmati infrastruktur jalan tol tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permudah Akses Wisata

Selain kecepatan dalam konektivitas antar Kabupaten dan Antar Provinsi, jalan ini juga akan mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara.

Misalnya kawasan wisata Bukit Lawang di Bahorok, kawasan wisata tangkahan, kawasan wisata rohani Tuan Guru di Tanjung Pura Langkat.

Menurut Jokowi, ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah, serta mengembangkan potensi-potensi yang dikelola oleh masyarakat lokal.

“Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah,” ujarnya.

Diakhir Jokowi berpesan, agar infrastruktur yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong usaha baru, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.