Sukses

KRI Golok-688, Jadikan Indonesia Negara Kedua di Dunia Mampu Produksi Kapal Siluman

Liputan6.com, Jakarta KRI Golok-688 kini menjadi alutsista baru bagi TNI AL. Kapal ini diproduksi oleh PT Lundin Industry Invest Banyuwangi Jawa Timur. KRI Golok-688 sekaligus menjadi pembuktian bahwa Indonesia mampu membuat kapal siluman yang hanya segelintir negara di duni yang bisa memproduksinya.

KRI Golok-688 menjadi salah satu kapal yang baru saja diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022).

Lantas, apa kehebatan KRI Golok-688 ini? Dikutip dari berbagai sumber, KRI Golok-688 adalah kapal jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran. Kapal ini menjadi manifestasi penting dari pemenuhan kebutuhan Alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI AL sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ada termasuk luasnya wilayah perairan Indonesia yang perlu dijaga.

KCR Trimaran yang diberi nama KRI Golok-688 ini merupakan produk kapal pertama yang terbuat dari bahan composite yang memiliki keunggulan kekuatan spesifik yang tinggi, lebih ringan, serta mempunyai ketahanan lelah dan ketahanan korosi yang sangat baik. Dengan bahan yang diimplementasikan, maka KRI Golok-688 menjadi salah satu kapal siluman yang tidak mudah dideteksi oleh musuh.

Oleh karena itu, kapal ini dapat dijadikan desain pengembangan sebagai prototipe kapal trimaran. Pembangunan kapal KCR Trimaran ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis bagi PT Lundin Industry Invest sebagai salah satu industri pertahanan nasional yang telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan untuk kepentingan nasional. 

Langkah ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait pengadaan Alutsista TNI Angkatan Laut di masa mendatang.

Keberadaaan KRI Golok-688 ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara kedua di dunia yang mampu memproduksi kapal siluman trimaran di dunia yang berbahan composite.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

KRI Golok-688 jenis KCR Trimaran memiliki spesifikasi panjang seluruhnya (Loa) 62,53 meter, lebar 16 meter, tinggi kapal dari draft 18,7 meter dengan bobot 53,1 ton.

Kecepatan maksimum 28 knots, kecepatan jelajah 16 knots, kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan 12,7 mm serta mampu mengangkut 25 ABK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.