Sukses

Cara Daftar Vaksin Booster Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Gratis Mulai 12 Januari 2022

Bagi yang ingin mendapatkan vaksinasi kembali. Begini cara daftar vaksin booster COVID-19 lewat aplikasi PeduliLindungi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengumumkan vaksinasi booster COVID-19 atau vaksin dosis tambahan diberikan secara gratis bagi masyatakat.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), vaksinasi booster digelar secara gratis mulai 12 Januari 2022.

Masyarakat yang hendak memanfaatkan fasilitas vaksin booster ini bisa mendaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa untuk ketersediaan vaksin, ada tambahan pasokan dari donasi juga bantuan negara-negara sahabat. Stok vaksin pun terbilang cukup.

"Pemerintah sendiri, Alhamdulillah sudah memiliki vaksin yang cukup, baik yang berasal dari kontrak pengadaan tahun lalu yang delivery-nya (pengiriman) akan tiba di awal tahun ini maupun adanya tambahan yang cukup signifikan dari vaksin donasi dunia," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Booster COVID-19, dikutip Kamis (13/1/2022).

"Yang donasi, baik melalui program kerja sama COVAX juga program kerja sama bilateral," lanjutnya.

Perlu diketahui, vaksinasi booster diutamakan bagi kalangan lansia dan kelompok rentan atau immunocompromised. Immunocompromised merupakan gangguan masalah sistem kekebalan/imun.

"Saya mengimbau sekali lagi, agar program vaksinasi booster ini diprioritaskan untuk kelompok lansia dan juga kelompok rentan atau immunocompromised," jelas Menkes. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Daftar Vaksin Booster Lewat Aplikasi PeduliLindungi

- Buka aplikasi PeduliLindungi, pastikan Anda sudah memiliki akun

- Klik menu Get Vaccine 

- Masukkan nama lengkap beserta NIK

- Klik periksa

- Di halaman berikutnya akan tampil tiket vaksinasi dan status.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.