Sukses

Negara OPEC Sepakat Genjot Produksi, Harga Minyak Merangkak Naik

Harga minyak dunia merangkak naik usai OPEC memutuskan untuk tetap menambah produksi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa negara produsen minyak terbesar dunia yang tergabung dalam OPEC+ sepakat pada hari Selasa untuk tetap pada rencana peningkatan produksi minyak mulai Februari. Ini dilakukan karena investor energi mempertimbangkan dampak potensial dari melonjaknya kasus Covid Omicron.

OPEC dan sekutu non-OPEC, yang dikenal secara kolektif sebagai OPEC+, memutuskan untuk menaikkan target produksinya sebesar 400.000 barel per hari mulai bulan depan. Langkah itu diperkirakan secara luas mengingat tekanan AS untuk meningkatkan pasokan dan tidak ada pembatasan Covid baru yang besar.

Dipimpin oleh gembong OPEC Arab Saudi dan pemimpin non-OPEC Rusia, aliansi energi ini sedang dalam proses melepas rekor pengurangan pasokan sekitar 10 juta barel per hari.

Pengurangan produksi bersejarah diberlakukan pada April 2020 untuk membantu pasar energi setelah pandemi virus corona melemahkan permintaan minyak mentah.

Harga minyak masih berada di sekitar USD 80 per barel, itu mungkin lebih tinggi dari yang [AS. Presiden] Joe Biden ingin," Herman Wang, redaktur pelaksana OPEC dan berita Timur Tengah di S&P Global Platts, mengatakan kepada "Street Signs Europe" CNBC, seperti dikutip Rabu (5/1/2022).

“Dan kemudian Anda melihat ketahanan pasar sejauh ini terhadap varian omicron, yang tentu saja OPEC anggap ringan dan berumur pendek. Jadi, ada banyak optimisme seputar apa yang akan dilakukan permintaan meskipun ada prediksi kelebihan pasokan yang menjulang di kuartal pertama,” kata Wang.

“Saya pikir kita akan mencari OPEC+ untuk melanjutkan kenaikan 400.000 barel per hari pada pertemuan ini. Apa yang akan mereka lakukan pada pertemuan Februari dan pertemuan Maret, itu adalah masalah untuk lain waktu,” tambahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh Geopolitik

Patokan internasional minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada USD 79,87 per barel selama transaksi sore di London, naik sekitar 1,1 persen. Sementara minyak berjangka West Texas Intermediate AS berdiri di USD 76,89 per barel, sekitar 1 persen lebih tinggi.

Harga minyak naik lebih dari 50 persen tahun lalu, dengan investor energi optimistis bahwa varian Omicron yang sangat menular mungkin tidak separah yang ditakuti. Meskipun infeksi Covid mencapai rekor tertinggi baru, dengan AS melaporkan rekor harian global lebih dari 1 juta infeksi hanya dalam 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.