Sukses

Bangun Ibu Kota Baru, Jokowi Studi Banding ke Proyek Properti di Tangerang

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan proyek properti terbaik meraih penghargaan properti paling bergengsi, FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021. Para pemenang nantinya berhak mengikuti penghargaan tingkat internasional di ajang FIABCI Prix d’Excellence Award yang diselenggarakan oleh Federasi Real Estate International (FIABCI).

Untuk properti di kawasan Tangerang, pengembang Summarecon Agung mendapatkan tiga penghargaan tersebut. "Kami bersyukur, ini membuka kesempatan bagi pengembang nasional bersaing di tingkat dunia,"ungkap Executive Director Summarecon Serpong Magdalena Juliati, Kamis (30/12/2021).

Salah satu proyek properti Summarecon Serpong yang mendapat penghargaan FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2021 adalah Rainbow Springs Condovillas. Ide awal pengembangan proyek ini adalah keresahan pengembang atas adanya kesenjangan di pasaran, antara produk rumah tapak dan apartemen.

"Sebenarnya ide awalnya berasal dari gagasan dan inovasi yang melihat bahwa adanya kesenjangan produk properti yang ada di pasaran, yaitu rumah tapak dan apartemen, dimana ketersediaan lahan di perkotaan sudah terbatas. Kami melihat bahwa gap tersebut perlu disesuaikan dengan kultur dan kebiasaan berhuni masyarakat Indonesia yang membawa kami dalam melahirkan konsep hunian baru dengan nama Condovilla," tutur Magdalena.

Konsep Rainbow Springs Condovillas ini malah membawa pengembang tersebut menjadi pelopor dalam terciptanya tren hunian sejenis di Indonesia. Juga menjadi shifting gaya hidup pasca pandemi.

President Director Summarecon Adrianto P Adhi mengatakan, pemukiman lebih dari 8 hektare ini, berdampingan langsung dengan danau bekas galian pasir yang direvitalisasi. Pengembang memilih untuk tidak menguruk bekas galian pasir, melainkan menjadikannya danau buatan.

Selain memberikan benefit keindahan, diharapkan melalui danau ini mampu turut serta dalam konservasi ekosistem yang sudah terbentuk dan sekaligus memperbaiki pinggiran danau dengan vegetasi yang lebih baik.

"Danau ini juga memiliki fungsi khusus yaitu untuk menurunkan suhu permukaan kawasan hunian ini. Danau ini juga memiliki fungsi sebagai retention pond, menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Dilirik Presiden Jokowi

Berbagai hal-hal baru inilah yang menarik minat Presiden Jokowi mengunjungi pemukiman yang sarat dengan sosio - kultur dan lingkungan tersebut.

Menurut Andrianto, kunjungan Presiden Jokowi pada beberapa waktu lalu, dilakukan dalam rangka meninjau serta studi banding bagi rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

"Untuk kawasan Summarecon, Rainbow Springs Condovillas yang mewakili, dinilai memiliki keunggulan dalam membangun sebuah jenis produk properti baru yang mampu mendukung sustainability ekosistem dan berwawasan lingkungan," katanya.