Sukses

Cegah Omicron, Organda Minta Penumpang Moda Transportasi Wajib Vaksinasi

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan mengimbau kepada seluruh penumpang moda transportasi umum agar mau segera divaksin Covid-19. Menyusul, masuknya varian Omicron ke Indonesia.

"Dengan masuknya Omicron ini, kita minta penumpang moda umum dan darat juga agar mau cepat divaksin (Covid-19)," ujarnya saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Jumat (17/12/2021).

Shafruhan menyatakan, saat ini, percepatan vaksinasi Covid-19 penting untuk segera dilakukan diberbagai wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity lantaran masih ada potensi lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air.

"Apalagi, dalam waktu dekat kita memasuki masa libur Nataru,"ucap dia menekankan.

Oleh karena itu, Shafruhan meminta masyarakat taat terhadap ketentuan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19. Termasuk anjuran mengenai vaksinasi Covid-19.

"Sehingga, lonjakan kasus Covid-19 bisa diantisipasi," tandasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Menkes Budi: Seorang Pasien Terkonfirmasi Omicron

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi 1 kasus mutasi varian Omicron di Indonesia. Kasus ini berasal dari pekerja pembersih di rumah sakit Wisma Atlet.

"Tadi malam ada terdeteksi seorang pasien, N, terkonfirmasi Omicron," ucap Budi dalam konferensi pers virtual dikutip melakui akun Youtube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (16/12).

Kronologi konfirmasi kasus berawal saat pihak rumah sakit darurat Wisma Atlet melakukan tes PCR terhadap 3 orang pekerja pembersih area rumah sakit, pada Rabu 8 Desember 2021. Pada Jumat 10 Desember, hasil tes ketiga orang tersebut positif Covid-19.

Di saat itu juga, Kementerian Kesehatan mengirim tiga sample positif Covid-19 ke Litbangkes untuk dilakukan uji whole genome sequencing (WGS). Hasil uji berdasarkan WGS baru keluar pada Rabu 15 Desember.

Budi mengatakan, ketiga pasien dalam kondisi sehat dan tanpa gejala.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Omicron Covid
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    varian omicron
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.
    vaksin
  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.
    Vaksinasi
  • organda