Sukses

Imbas Pernyataan Bank Sentral AS, Harga Minyak Bangkit

Harga minyak berbalik positif pada hari Rabu setelah pernyataan Federal Reserve

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak berbalik positif pada hari Rabu setelah pernyataan Federal Reserve, menghentikan kerugian tiga hari berturut-turut.

Dikutip dari CNBC, Kamis (16/12/2021), harga minyak mentah berjangka Brent melonjak 18 sen, atau 0,24 persen, menjadi menetap di USD 73,88 per barel, setelah kehilangan 69 sen pada hari Selasa.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menetap 14 sen, atau 0,2 persen, lebih tinggi pada USD 70,87 per barel, setelah kehilangan 56 sen di sesi sebelumnya.

Sebelumnya pada hari itu, kedua kontrak negatif pada tanda-tanda yang berkembang bahwa pertumbuhan pasokan akan melebihi permintaan tahun depan, dan seperti yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin COVID-19 mungkin kurang efektif terhadap varian Omicron.

Kontrak Brent bulan depan diperdagangkan dengan premi kecil untuk bulan kedua, setelah diperdagangkan sebentar dengan diskon kecil pada hari Selasa, struktur pasar yang dikenal sebagai contango.

“Pembatasan yang meluas akan menjadi resep untuk kesuraman lebih lanjut yang mengarah ke pelemahan terus-menerus dan berurusan dengan contango di pasar minyak dalam satu atau dua bulan ke depan sekarang telah menjadi kemungkinan,” kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Norwegia awal pekan ini memperketat pembatasan untuk membendung penyebaran Omicron.

WHO pada hari Rabu mengatakan bukti awal menunjukkan vaksin mungkin kurang efektif terhadap infeksi dan penularan yang terkait dengan varian virus corona Omicron, yang juga membawa risiko infeksi ulang yang lebih tinggi.

Badan Energi Internasional (IEA) pada hari Selasa mengatakan lonjakan kasus COVID-19 dengan munculnya varian Omicron akan mengurangi permintaan minyak global pada saat yang sama dengan produksi minyak mentah yang akan meningkat, terutama di Amerika Serikat, dengan pasokan ditetapkan untuk melebihi permintaan setidaknya sampai akhir tahun depan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Minyak Dunia

Sebaliknya, Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) pada hari Senin menaikkan perkiraan permintaan minyak dunia untuk kuartal pertama tahun 2022.

Dalam indikator bearish lainnya, data industri menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS pekan lalu tidak turun sebanyak yang diharapkan.

Data American Petroleum Institute menunjukkan stok minyak mentah AS turun 815.000 barel dalam pekan yang berakhir 10 Desember, menurut sumber pasar, dibandingkan dengan penurunan 2,1 juta barel yang diperkirakan 10 analis yang disurvei oleh Reuters.

Namun, stok sulingan turun 1 juta barel, dibandingkan dengan perkiraan analis untuk peningkatan 700.000 barel, dan stok bensin naik 426.000 barel, yang lebih kecil dari yang diharapkan.

Data mingguan dari Administrasi Informasi Energi AS akan dirilis pada hari Rabu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.