Sukses

Sri Mulyani Wanti-Wanti Sederet Dampak Negatif Fintech, Apa Saja?

Menjamurnya perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) di Indonesia tidak melulu membawa dampak positif, namun juga sederet dampak buruk.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, menjamurnya perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) di Indonesia tidak melulu membawa dampak positif, namun juga sederet dampak buruk bagi masyarakat selaku pengguna.

Sri Mulyani pun mengingatkan penyelenggara fintech untuk mengantisipasi sejumlah dampak buruk terhadap masyarakat.

"Kita mengetahui bahwa digital technology, fintech memberikan konsekuensi dan risiko negatif. Dan tantangannya tidak selalu muda," kata Sri Mulyani dalam acara Opening Ceremony The 3rd Indonesia Fintech Summit 2021, Sabtu (11/12).

Sri Mulyani mencontohkan, sejumlah tantangan dan dampak negatif yang perlu diantisipasi penyelenggara fintech tersebut. Antara lain terkait pencurian data pribadi hingga kerugian finansial.

"Kemudian, penipuan, dan exclusion yaitu mereka yang tidak cakap secara digital menjadi objek yang sangat mudah untuk dieksploitasi," terangnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitigasi Risiko

Oleh karena itu, dia meminta berbagai persoalan tersebut bisa disikapi secara serius oleh penyelenggara fintech untuk memperkuat mitigasi risiko. Termasuk dalam hal pengawasan.

"Jadi, kemudahan yang diatawarkan akibat adanya teknologi digital harus diikuti pengaturan dan pengawasan yang proper. Yakni tetap melindungi konsumen," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.