Sukses

Kemendag Beri Anugerah SNI ke 7 Pasar Rakyat, Ini Daftarnya

Anugerah SNI bukan hanya penghargaan tapi menjadi penghormatan terhadap pasar rayat yang telah menjalankan standarisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan anugerah Standar Nasional Indonesia (SNI)  ke tujuh Pasar Rakyat di berbagai Kabupaten dan Kota di Indonesia. Penganugerahan SNI ini diselenggarakan di Kota Pasar Panjang, Sumatera Barat, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan ini diberikan karena inisiatif ketujuh pasar rakyat tersebut dalam memberikan fasilitas esensial bagi pedagang dan pengunjung pasar, seperti fasilitas kesehatan, kebersihan, keamanan, dan lain sebagainya.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan, anugerah ini bukan hanya sebagai penghargaan, tapi juga sebagai kelayakan dan penghormatan terhadap yang disebut dengan standarisasi.

Jerry Sambuaga pun berkesempatan mengunjungi pasar rakyat di Padang Panjang bersama Walikota dan Kepala Dinas serta jajaran pejabat di kota tersebut.

"Kami melihat, mengobservasi, meninjau apa saja yang menjadi pemenuhan standar SNI bagi pasar, misalnya ada ruang untuk fasilitas kesehatan, ada dokter, ada ruang untuk menyusui anak, dan fasilitas lainnya," kata Wamendag.

"Tentunya ini menjadi parameter, indikator, dan standar bagi Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan tersebut. Ini juga merupakan sebuah motivasi dan semangat bagi kita semua untuk mengajak pasar-pasar di daerah lain agar bisa menerapkan standar seperti ini, dengan adanya pandemi COVID-19 di mana kita harus memberlakukan protokol kesehatan dengan baik," jelasnya, dalam Penganugerahan SNI Pasar Rakyat 2021 yang disiarkan secara daring pada Rabu (8/12/2021).

Penerima sertifikat SNI Pasar Rakyat 2021, di antaranya adalah Pasar Pusat Kota Padang Panjang, Pasar Bantung di Kota Banjar Baru, Pasar Gentan di Kabupaten Sleman, Pasar Gunung Batu di Kota Bogor, Pasar Gantung di Kabupaten Belitung Timur, Pasar Cisalak di Kota Depok, dan Pasar Padd's Market di Kota Kendari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Menurut Direktur Standarisasi dan Pengendalian Mutu Direktorat Jenderal PKTN Kemendag, Rr. Dyah Palupi, pasar rakyat merupakan penggerak sektor ekonomi kerakyatan yang menjadi perhatian pemerintah saat ini.

"Agar eksistensi dan daa saing pasar rakyat terjaga, maka Kementerian Perdagangan melakukan kegiatan pembangunan atau revitalisasi pasar," kata Dyah.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran mengatakan dirinya turut senang dan mengapresiasi digelarnya Penganugerahan SNI Pasar Rakyat 2021 di kota tersebut.

"Dengan penduduk hanya 60 ribu, alhamdulillah Kementerian Perdagangan melaksanakan (Penganugerahan SNI Pasar Rakyat 2021) di Padang Panjang," tutur Fadly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.