Sukses

BERANI BERUBAH: Dari Pekerja Kantoran Jadi Peternak Sapi Milenial

Liputan6.com, Jakarta- Reko Erwanto dulunya bekerja sebagai seorang karyawan swasta di perusahaan konstruksi baja. Namun, ketika pandemi COVID-19 menghantam, dia memutuskan pulang ke kampung halaman karena nasib pekerjaan yang tak pasti.

Meski begitu, bukan berarti Reko hanya akan menganggur. Setelah sampai di kampung, dia melihat sebuah potensi bisnis yang menarik guna menyambung hidup. Yakni berternak sapi.

“Di sini bisa potensial itu adalah penggemukan sapi.  Saya melihat potensi pakan tuh yang sangat banyak dan melimpah. Terutama hijau-hijauan,” ungkap Reko kepada Tim Berani Berubah

“Didukung dengan ladang yang punya sendiri. Sehingga saya dengan asumsi pakan saya gak usah beli. Akhirnya saya tanam rumput gajah itu untuk pakan sendiri,” sambung Reko.

Berkat modal lahan dan juga potensi pakan yang melimpah, Reko kini sukses menjalankan binis ternak sapinya. Selain itu, dia juga ingin bisa menjadi contoh bagi generasi milenial bahwa mereka dapat meraih sukses dengan berternak. 

Reko pun turut mensyukuri profesi yang kini dia jalani. Sebab, dengan menjadi peternak sapi, dia jadi memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga.

“Saya sempat berpikir untuk memilih bertani tebu, tapi akhirnya saya berubah dengan untuk memilih berternak sapi,” tutur Reko.

“Karena dengan berternak sapi, akan lebih mandiri, hidup sebagai pengusaha yang mandiri dan selalu berkumpul dengan keluarga,” dia melanjutkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Bantu Perekonomian Kampung

Usaha ternak sapi milik Reko juga dinilainya dapat membantu perekonomian kampungnya. Sebab, generasi mudanya jadi ikut terdorong untuk mencoba berternak. 

“Dengan melihat saya berternak gini ada hasilnya, pasti nanti generasi-generasi muda selanjutnya pasti akan mengikuti,” ujar Reko.

“Dengan mereka mengikuti berternak penggemukan sapi, pasti akan lebih cepat untuk perputaran perekonomian di daerah kampung sini. Sehingga bisa mengangkat ekonomi yang ada di kampung sini,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.