Sukses

23.570 Rumah Tangga di Probolinggo dan Pasuruan Sudah Nikmati Gas Bumi

Pada 2021, sebanyak 23.570 rumah tangga di Probolinggo dan Pasuruan Jawa Timur menggunakan gas bumi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus memperluas pembangunan jaringan gas bumi. Hsilnya pada 2021 sebanyak 23.570 rumah tangga di Probolinggo dan Pasuruan Jawa Timur menggunakan energi baik tersebut

PGN Area Head Pasuruan Heri Frastiono mengatakan, PGN sebagai Subholding Gas Pertamina berupaya optimal dalam melaksanakan tugas dari pemerintah untuk membangun dan mengelola jargas di Pasuruan dan Probolinggo.

“PGN Area Pasuruan merupakan bagian dari PGN Sales & Operation Region III (SOR III) mendapat tugas dari pemerintah membangun dan memasok gas bumi pada 23.570 Sambungan Rumah (SR) di wilayah Pasuruan dan Probolinggo, ” kata Heri, di Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Menurut Heri, pelaksanaan pengaliran gas bumi ke rumah tangga dilakukan secara bertahap dan mempertimbangkan kesiapan infrastruktur.

Adapun rincian pembangunan jargas tersebut adalah, Kota Pasuruan dialirkan gas bumi melalui 7 Regulator Station ke 10 Kelurahan, yaitu Tembokrejo, Sekargadung, Purutrejo, Wirogunan, Bakalan, Bugul Kidul, Krampyangan, Petamanan, Kandangsapi dan Pekuncen, di tiga Kecamatan Purworejo, Bugul Kidul dan Panggungrejo dengan total 7.003 SR.

Kabupaten Pasuruan dialirkan gas bumi melalui 8 Regulator Station ke 5 Kelurahan di dua Kecamatan Purwosari dan Sukorejo dengan total 5.750 SR. Di Kota Probolinggo, gas bumi telah dialirkan melalui 5 Regulator Station kepada 4 Kelurahan yaitu Pilang, Ketapang, Triwung Lor dan Triwung Kidul di Kecamatan Kademangan dengan total 5.080 SR.

Sedangkan Kabupaten Probolinggo mengalir gas bumi melalui 7 Regulator Station ke 6 Kelurahan yaitu Tongas Kulon,Curah Tulis, Tanjung Rejo, Tambakrejo, Pabean, Kedungdalem dan Kalirejo dan Kecamatan Tongas dan Dringu dengan total 5.737 SR.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Gas Bumi

Heri menyebutkan manfaat menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar rumah tangga, yaitu jargas memiliki nilai lebih diatantaranya yaitu aman dengan layanan patroli pemeliharaan jaringan gas, bersih dan stok yang selalu tersedia sepanjang waktu.

"Gas bumi yang sudah mengalir ke masyarakat yang sudah terpasang jaringan pipa gas hingga kompor dapat memanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari," kata Heri.

Pasuruan dan Probolinggo merupakan bagian dari PGN Sales Operasion and Region (SOR) III, dengan jumlah pelanggan rumah tangga (city gas) adalah sebanyak 98.568 Sambungan Rumah (SR) dengan volume 1,54 BBTUD, Pelanggan Komersial dan Industri 566 pelanggan 123.82 BBTUD, dan 2 Pelanggan Korporat 17.26 BBTUD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • gas