Sukses

Perlahan tapi Pasti, Tren Contactless Makin Diminati

Perkembangan pembayaran contactless di Indonesia yang menggeliat ini semakin diperkuat dengan Studi Visa Consumer Payment Attitudes.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan dan perilaku masyarakat Indonesia sehari-hari, termasuk dalam hal pilihan metode pembayaran yang lebih cepat dan aman.   Bukan lagi hanya dengan non-tunai, tetapi sistem pembayaran kini diprediksi akan beralih ke metode contactless atau nirsentuh, yang menjadi solusi metode pembayaran yang diminati di era new normal.  

Perkembangan pembayaran contactless di Indonesia yang menggeliat ini semakin diperkuat dengan Studi Visa Consumer Payment Attitudes. Berdasarkan studi tersebut, sekitar 69% masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka membawa semakin sedikit uang tunai dan lebih sering menggunakan pembayaran contactless. Alasannya, pembayaran contactless dinilai lebih nyaman karena tidak perlu membawa uang tunai (67%), mudah digunakan (61%), dan aman dari risiko penularan virus (60%).  

Seiring pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, studi ini menggali lebih dalam bagaimana pandemi telah mengubah perilaku pembayaran dan seperti apa dunia perdagangan pasca pandemi. Survei dilaksanakan melibatkan 1.000 konsumen di Indonesia, dengan demografi responden adalah pria dan wanita umur 18-65 tahun dengan pendapatan bulanan minimal Rp 3 juta.  

Lalu, apa saja manfaat dari tren pembayaran contactless?  

Lebih higienis  

Pembayaran contactless meminimalisir kontak fisik saat berbelanja sehingga bermanfaat mengurangi potensi penularan virus di tengah pandemi. Di tengah pandemi COVID-19, keamanan pribadi dan higiene pembayaran menjadi prioritas utama yang mendorong banyak konsumen Indonesia untuk beralih ke pembayaran nontunai dan mempertimbangkan pembayaran contactless.  

Lebih cepat  

Pembayaran contactless tentunya jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan uang tunai. Konsumen juga tidak perlu repot dengan uang kembalian. Misalnya, pemegang kartu contactless hanya perlu tap kartu mereka ke terminal pembayaran saat berbelanja di toko. Dengan speed transaksi yang lebih cepat, ada peluang lebih tinggi untuk meningkatkan omset penjualan bagi merchant dan mempercepat antrian checkout bagi konsumen.  

Lebih aman  

Pembayaran contactless tentu lebih aman dibandingkan pembayaran dengan uang tunai. Apalagi jika Anda membawa uang tunai dengan jumlah yang besar. Rasa was-was mungkin menyelimuti Anda saat bepergian.  

Pembayaran contactless, baik itu menggunakan dompet digital di gadget Anda maupun kartu kredit berteknologi nirsentuh, juga akan dilengkapi oleh notifikasi atau histori transaksi yang tentunya akan memudahkan dalam men-track pengeluaran sehari-hari.  

Anda juga tidak perlu khawatir dengan teknologi keamanannya. Misalnya, kartu contactless Visa memiliki tingkat keamanan yang berlapis sama dengan kartu chip. Pemegang kartu harus mendekatkan kartu setidaknya 4 cm dari terminal pembayaran agar transaksi dapat diproses. Tidak akan ditagihkan dua kali apabila pemegang kartu tersebut tidak sengaja tap kartu dua kali.  

Lebih nyaman  

Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa seseorang beralih ke contactless. Yap, kemudahan transaksi menjadi keunggulan di mana Anda hanya perlu tap untuk membayar saat checkout di toko fisik, menggunakan kartu contactless Anda.  

Banyak Fitur Kemudahan  

Saat ini, banyak fitur kemudahan ketika mengikuti tren contactless. Agar semakin maksimal, Anda bisa mengandalkan kartu contactless Visa yang diterbitkan sejumlah bank terkemuka di Indonesia, yang memungkinkan segala macam transaksi hanya dengan satu kartu. Perlu diketahui, bank yang merupakan penerbit kartu contacless. 

Kartu contactless tersebut nanti bisa Anda gunakan saat berbelanja di toko fisik. Untuk pembayaran contactless di toko fisik, Anda dapat merasakan manfaat kemudahan membayar sekali tap tanpa perlu input PIN untuk nominal transaksi hingga Rp 1 juta.  

Jaringan Visa telah diterima di lebih dari 200 negara dan 70 juta merchants. Jadi baik belanja di toko atau pun online, semua bisa menggunakan satu kartu yang tentu bakal memudahkan gaya hidup serba digital dan higienis di mana pun Anda berasa.  

Kini, adopsi kartu contactless Visa sudah semakin mengglobal dengan penggunaan yang semakin banyak di Asia. Negara-negara tujuan wisata seperti Singapura, Australia, Taiwan, dan Selandia Baru sudah menggunakan pembayaran dengan kartu contactless hingga 90% sehari-harinya.  

Tertarik menggunakan kartu contactless, kunjungi bank terdekat dan ajukan sekarang. Rasakan kemudahan cara membayar yang mudah, aman, nyaman, dan higienis hanya dengan satu kartu, kapan pun, di mana pun.  

Temukan informasi selengkapnya di sini.  

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini