Sukses

Forum Bisnis dan Ekspor Ini Jadi Cara Indonesia Menduniakan Rempah Nusantara

Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia ini akan diikuti berbagai komponen pemangku kepentingan rempah di seluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan dari negara lain.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Rempah Indonesia akan menggelar Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia. Perhelatan skala internasional ini akan digelar 10 – 12 Desember di Hotel Niagara, Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara.

Terkait ini, diterbitkan Buku Penetapan Hari Rempah Nasional 11 Desember dan Membangkitkan Kejayaan Rempah Indonesia.

Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia (DRI) Gamal Nasir Secara simbolis menyerahkan buku tersebut kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, pada Jumat 22/10/2021.

Gubernur Sumut sendiri sangat mengapresiasi rencana kegiatan tersebut. “Kita Sangat mendukung kegiatan tersebut, “demikian diungkapkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Kantor Gubernuran, Medan,Jumat (22/10/2021).

Penyerahan buku disaksikan Ketua DRI Sumut, Nawal Lubis ,Wakil Ketua DRI Sumut Khairul Mahalli, Dewan Pakar DRI Sumut Tonny Silvaraj, Kadis Perkebunan Sumut dan Kadis Pariwisata Sumut.

Adapun Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia bertema Indonesia Spices Bussiness Forum & Expo (ISBFE 2021).

Acara ini digagas Dewan Rempah Indonesia bersama dengan Kementerian Pertanian dan Kadin Sumatera Utara, serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI).

Selain itu juga mendapatkan dukungan penuh dari Kadin Indonesia, Pemerintah Daerah Sumatera Utara, dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves).

Selain itu, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, kementrian Koperasi dan UKM, kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Pemerintah lainnya.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sumut, Khairul Mahali selaku wakil Ketua Dewan Rempah Indonesia (DRI) Propinsi Sumut pada 22 Oktober di Medan, menyatakan sudah ada tiga agenda tetap pada penyelenggaraan ISBFE 2021 di Parapat-Danau Toba.

Ketiganya, yaitu seminar nasional tentang produk dan prospek rempah tradisional yang berkualitas nasional bahkan internasional, forum kontak bisnis dan klinik ekspor rempah nasional asal Sumut dan pemilihan duta rempah Nusantara.

"Tapi bisa saja agenda dan materinya berkembang sesuai kebutuhan dan urgensinya nanti," jelas dia.

Bisnis Forum dan Ekspo Rempah Dunia ini akan diikuti berbagai komponen pemangku kepentingan rempah di seluruh Indonesia dan mengundang keikutsertaan dari negara lain.

Negara tersebut selama ini merupakan importir dan pengolah rempah yang menjadi sasaran ekspor rempah Indonesia. Mereka antara lain Uni Emirat Arab, India, Maroko , Algeria, Singapura, Tunisia , Amerika Serikat , Belanda, Brazil , Jerman , Belgia dan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amanat Presiden Jokowi

Acara Pertemuan Bisnis dan Ekspo Rempah 2021 ( ISBFE 2021 ) ini sekaligus merupakan pengejawantahan dari amanat Joko Widodo Presiden Republik Indonesia pada tahun 2017 yang mengamanatkan kepada semua pemangku kepentingan rempah Indonesia untuk bersama-sama mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Amanat yang sangat penting ini telah disambut kementerian terkait dan dunia usaha dengan meluncurkan berbagai program yang dipopulerkan dengan nama Spice Up The World.

Presiden Joko Widodo direncanakan akan meluncurkan program "Indonesia Spice Up The World" (ISUTW) dalam Expo Dubai 2020 pada Oktober 2021.

KADIN Indonesia melalui KADIN Sumatera Utara sebagai Tuan Rumah ISBFE 2021 ini berinisiatif untuk menyelanggarakan kegiatan ini yang secara nyata menjadikan ajang Komunikasi langsung para petani, pengusaha, UMKM dan pengolah rempah dalam satu forum bisnis yang benar-benar konkrit , terukur meningkatkan ekonomi Nasional melalui perniagaan rempah baik di Indonesia maupun mancanegara.

Kegiatan ini diagendakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo , diselenggarakan secara offline dari kawasan Hotrel Niagara , Danau Toba , Sumatera utara serta online melalui platform virtual event .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.