Sukses

Bandara Hang Nadim Pasang Alat Canggih Pengganti PCR, Hasil Tes Covid-19 Selesai 1 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Bandara Hang Nadim Batam tengah menyiapkan alat Tes Cepat Melekurel (TCM) guna melengkapi sarana Bandara dengan alat-alat menghadapi kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Kepri yang melalui Batam.

General Manager Bandara Hang Nadim Bambang Soepriono mengatakan an saat ini, pihaknya bersama Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam tengah berproses guna menjalin kerjasama dengan laboratorium terbaik untuk menyediakan Alat Tes Cepat Melekurel (TCM) sebagai pengganti PCR dan lainnya.

Mengingat, jika PCR hasilnya harus menunggu hingga 8 jam, maka dengan TCM akan diketahui hasilnya hanya dalam waktu 1 jam. Untuk itu, alat ini harus ada di setiap bandara dan pelabuhan yang telah ditunjuk.

"Saat ini manajeman Bandara Hang Nadim Batam sedang berusaha untuk melengkapi diri dengan alat tersebut jelang dibukanya 'kran' travel baubble," Kata Bambang.

Mengingat, tambahnya, hal ini merupakan kewajiban dan harus ada di seluruh penerbangan Internasiolan yang masuk dalam 'entry poin' wisatawan mancanegara ini.

"Sehingga harus dan wajib alat ini ada di Bandara. Selain itu, Kita juga sedang siapkan flow-flownya seperti apa. Dan mudah-mudahan siang ini sudah kita ketahui hasilnya pasca-rapat dengan KKP, TNI AU, Bea Cukai dan institusi terkait di Bandara Hang Nadim," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, akan dibukanya program travel bubble di Kepri khususnya untuk wilayah Batam dan Bintan, maka segala bentuk kesiapan terutama di bandara dan pelabuhan yang menjadi akses utama keluar dan masuknya turis mancanegara harus segera dilakukan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Wisman

Adapun kesiapan Kepri dalam menyambut wisman yang diputuskan oleh Satgas Covid-19, diantaranya adalah bandara Hang Nadim Batam yang di tunjuk untuk melakukan pelayanan wisman dan PMI, pelabuhan laut Nongsa Batam untuk wisman dan PMI, pelabuhan Batam Centre melayani PMI dan pelabuhan BBT Lagoi melayani Wisman.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, meminta agar semua manajemen bandara dan pelabuhan yang ditunjuk untuk segera menyiapkan segala kesiapan untuk supaya bisa segera menerima kedatangan wisman.

Adapun yang harus disiapkan adalah terkait alat-alat penunjang protokol kesehatan, seperti alat Tes Cepat Melekurel (TCM) sebagai pengganti PCR dan lainnya.

“Untuk Bandara RHF Tanjungpinang pada dasarnya sudah siap melayani, namun untuk sementara fokus di Hang Nadim Batam. Kita akan evaluasi, jika ternyata wisman yang datang lewat Hang Nadim membludak barulah RHF kita fungsikan,” kata Junaidi.

Namun Junaidi menyayangkan, ternyata di Bandara Hang Nadim sampai saat ini belum menyediakan alat TCM yang diperlukan tersebut. Padahal hal tersebut menjadi syarat penting untuk program dibukanya travel bubble ini.

“Bandara Hang Nadim ini kan dibawah pengelolaan BP Batam. Seharusnya segala fasilitas dan sarana prasarananya agar segera dipersiapkan. Pemprov Kepri dalam hal ini tetap melakukan pengawasan melalui Satgas Covid-19,” kata Junaidi. (Ajang Nurdin)