Sukses

Asuransi Jiwa Unit Link, Wujud Cinta pada Keluarga di Masa Sekarang dan Mendatang

Tidak ada yang tahu masalah kesehatan maupun keuangan yang menimpa kita, maka salah satu cara untuk melindungi keluarga adalah dengan memiliki asuransi jiwa.

Liputan6.com, Jakarta Selama wabah Covid-19 masih ada dan belum hilang dari muka bumi ini, maka kedisiplinan masyarakat untuk melaksanakan prokes tidak boleh kendor. Meskipun sudah menerima vaksinasi, kita tak boleh jumawa dan abai. Kesehatan harus selalu jadi prioritas, begitu juga dalam mengelola keuangan tidak boleh sembarangan lagi. Sebab sejak virus Covid-19 muncul, krisis besar terjadi di sektor kesehatan dan keuangan.

Mengingat tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir dan masalah kesehatan maupun keuangan seperti apa yang menimpa kita di masa mendatang, maka salah satu cara untuk melindungi keluarga adalah dengan memiliki asuransi jiwa.

Asuransi Jiwa

Secara umum ada dua macam asuransi jiwa yang dikenal dunia asuransi di Indonesia yakni asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa unit link.

Asuransi jiwa memberikan manfaat sejumlah uang pertanggungan/santunan asuransi kepada penerima manfaat/keluarga/ahli waris dari tertanggung/peserta asuransi, apabila tertanggung/peserta asuransi meninggal dunia akibat masalah kesehatan penyakit atau kecelakaan, dan jika terjadi risiko kesehatan terhadap diri tertanggung/peserta.

Sementara asuransi jiwa unit link adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan serta potensi hasil investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Beberapa manfaat asuransi jiwa unit link di antaranya:

1. Memiliki Fungsi Ganda

Produk asuransi jiwa unit link memiliki 2 manfaat sekaligus, yaitu perlindungan dan potensi hasil investasi dalam satu polis. Hal ini cukup memudahkan Anda sebagai nasabah karena tidak perlu dipusingkan mengurus dana investasi dan dana untuk perlindungan secara terpisah.

Sebelum membeli asuransi jiwa unit link, lakukanlah penilaian profil risiko investasi pribadi yang akan dibantu oleh tenaga pemasar Anda. Profil risiko investasi memberikan gambaran secara umum mengenai toleransi risiko Anda. Sesuaikanlah dana investasi yang Anda pilih dengan profil risiko Anda karena hasil investasi sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar dari jenis dana investasi yang dipilih nasabah. Informasi ini tercantum di dalam Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) dan ilustrasi manfaat asuransi.

2. Fleksibel karena Dapat Menambah Manfaat

Jika Anda merasa manfaat perlindungan yang dimiliki saat ini masih kurang maka bisa juga menambah manfaat lainnya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Sebaiknya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan tenaga pemasar agar tidak salah memilih.

3. Jangka Waktu Pertanggungan yang Panjang

Umumnya masa pertanggungan produk asuransi unit link cukup panjang, hingga Anda berusia sampai 99 tahun. Pastikan Anda memahami ilustrasi manfaat asuransi, isi polis dan segala konsekuensinya dengan cermat. Anda dapat tanyakan manfaat asuransi, pengecualian, biaya, risiko, hak, kewajiban dan tata cara pengajuan klaim secara lengkap kepada tenaga pemasar Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan umum tentang klaim asuransi jiwa unit link

Sebagai salah satu asuransi yang dapat melindungi keluarga dari risiko keuangan, ada beberapa hal yang perlu nasabah ketahui agar proses klaim berjalan dengan baik.

  • Pertama, pastikan polis Anda aktif, karena pengajuan klaim akan ditolak jika polis sedang tidak aktif atau lapsed.
  • Sampaikan informasi dan riwayat kesehatan secara benar. Jika terdapat data yang tidak disampaikan atau informasi yang salah pada saat pengajuan polis (non-disclosure), contoh riwayat penyakit dan tindakan medis yang pernah dijalani sebelumnya, maka dapat mempengaruhi keputusan klaim dan kelanjutan polis.
  • Pastikan perlindungan dan manfaat pada polis Anda. Jika mengajukan klaim yang termasuk dalam daftar pengecualian manfaat polis, makaklaim akan ditolak perusahaan asuransi Anda.
  • Pastikan pengajuan klaim Anda lengkap dan sesuai dengan syarat yang diberlakukan.
  • Perhatikan batas waktu pengajuan klaim.
3 dari 3 halaman

Prinsip Asuransi terkait Double Claim

Berkaitan dengan masalah klaim, ada hal penting yang perlu dipahami nasabah salah satunya adalah istilah double claim. Perlu diingat bahwa, asuransi diperuntukkan untuk memberikan proteksi finansial terhadap risiko kehidupan dan bukan untuk mencari keuntungan.    

Dalam asuransi, double claim dapat digunakan untuk memberikan perlindungan atas biaya perawatan yang dibebankan, di mana salah satu contohnya terdapat manfaat reimbursement atas selisih biaya yang tidak ditanggung asuransi utama atau asuransi lain. Singkatnya, double claim bertujuan untuk menutup kekurangan, bukan mengganti keseluruhan biaya kesehatan yang dikeluarkan. Bila asuransi pertama tidak mengganti semua klaim atas biaya kesehatan, maka asuransi tambahan lainnya dapat menutupi biaya perawatan dengan ketentuan dan manfaat polis asuransi tambahan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini