Sukses

Erick Thohir Minta PTPN Libatkan Tebu Rakyat di Program Swasembada Gula Konsumsi

Kata Erick Thohir, saat ini terdapat tujuh anak perusahaan PTPN yang bergerak di industri tebu dan gula.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN terus mendorong percepatan swasembada gula melalui transformasi yang dicapai PT Industri Gula Glenmore (IGG) di bawah pengelolan PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Transformasi tersebut baik dalam sisi produksi dan aplikasi teknologi modern pengolahan gula.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dengan luas seluruh lahan yang dikelola holding perkebunan, Indonesia harus menjadi negara dengan kekuatan industri gula yang solid.

Dengan produksi gula yang terus meningkat dan juga aplikasi teknologi modern di industri ini, Erick hohir harap PT IGG menjadi bagian dari usaha untuk terwujudnya swasembaga gula konsumsi.

"Ini merupakan bagian dari ketahanan pangan. Apalagi, peta jalan mengenai realisasi swasembada gula konsumsi ke depan sudah ada dan Presiden Joko Widodo memberikan dukungan. Meski banyak tantangan, tetapi Lillahi Ta’ala kita harus jalankan," kata Erick dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (19/9/2021).

Erick Thohir meninjau PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII di lahan seluas 102,4 hektar di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Dalam kunjungannya, Menteri Erick didampingi Muhammad Abdul Gani, Direktur Utama PTPN III, sebagai Holding Perkebunan dan Mantan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Lanjutnya, meski untuk mewujudkan swasembada gula tetap memerlukan peran swasta, namun sudah saatnya perusahaan BUMN yang bergerak dalam bisnis perkebunan tebu dan gula bergabung dalam satu holding untuk mewujudkan mimpi lama tersebut. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libatkan Tebu Rakyat

Kata Erick, saat ini terdapat tujuh anak perusahaan PTPN yang bergerak di industri tebu dan gula, yaitu PTPN VII di Lampung, PTPN IX sampai XII di Jawa Timur, dan PTPN XIV di Sulawesi Selatan.

Selain itu, restrukturisasi yang dilakukan di PTPN XII telah memberikan hasil maksimal dengan membaiknya keuangan dan memberi keuntungan sehingga untuk menuju swasembada gula konsumsi, maka diperlukan kolaborasi dengan rakyat dan instansi lain.

"Saya minta libatkan tebu rakyat, dan lahan milik perhutani sehingga ada peningkatan lahan produksi dari 45 ribu hektar menjadi 85 ribu, lalu secara perlahan hingga tahun 2024-2025 harus menjadi 250 ribu hektar. Jika hal itu tercapai, maka impian indonesia menjadi negara pengekspor gula akan terwujud," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Ekspor

Disisi lain, Menteri BUMN berkeinginan meningkatkan ekspor dan mengurangi impor, terutama untuk komoditas yang dimiliki dan menjadi kekayaan Indonesia, terus diupayakan oleh Kementerian BUMN kepada perusahaan BUMN.

"Sudah satnya kita jangan hanya menjadi market saja yang akan menyulitkan negara kita sulit. Dengan potensi yang kita miliki, bagaimana pula gula harus menjadi tulang punggung ekonomi yang penting ke depannya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.