Sukses

Harga Minyak Turun Usai Produksi AS Naik

Harga minyak turun pada hari Jumat karena perusahaan energi di Teluk Meksiko AS memulai kembali produksi

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Jumat karena perusahaan energi di Teluk Meksiko AS memulai kembali produksi setelah badai berturut-turut di wilayah tersebut menutup produksi minyak.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (18/9/2021), harga minyak mentah berjangka Brent turun 33 sen menjadi menetap di USD 75,34 per barel.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 64 sen menjadi menetap di USD 71,97 per barel. Untuk minggu ini, Brent naik 3,3 persen dan minyak mentah AS naik 3,2 persen, didukung oleh ketatnya pasokan karena pemadaman badai.

Kemerosotan pada hari Jumat mengikuti kenaikan lima sesi berturut-turut untuk Brent. Pada hari Rabu, Brent mencapai level tertinggi sejak akhir Juli, dan minyak mentah AS mencapai level tertinggi sejak awal Agustus.

“Alasan harga minyak mencapai level tertinggi dalam beberapa hari terakhir jelas adalah gangguan pasokan dan penarikan persediaan, jadi sekarang setelah produksi minyak AS kembali, minyak seperti yang diharapkan diperdagangkan lebih rendah,” kata Nishant Bhushan, analis pasar minyak Rystad Energy.

Ekspor minyak mentah Gulf Coast kembali mengalir setelah badai Nicholas dan Ida mengeluarkan 26 juta barel produksi lepas pantai. Restart berlanjut dengan sekitar 28 persen dari produksi minyak mentah Teluk Meksiko AS offline, Reuters melaporkan pada hari Kamis.

Perusahaan energi AS minggu ini menambahkan rig minyak dan gas alam untuk minggu kedua berturut-turut meskipun jumlah unit lepas pantai di Teluk Meksiko tetap tidak berubah setelah Badai Ida menghantam pantai lebih dari dua minggu lalu.

Empat belas rig lepas pantai Teluk Meksiko ditutup dua minggu lalu karena Ida tetap tutup, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes. Pekan lalu, empat rig lepas pantai kembali beroperasi.

Jumlah rig minyak dan gas, indikator awal produksi masa depan, naik sembilan menjadi 512 dalam seminggu hingga 17 September, tertinggi sejak April 2020, kata Baker Hughes.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penguatan Dolar AS

Dolar naik ke level tertinggi multi-minggu pada hari Jumat, membuat minyak mentah berdenominasi dolar lebih mahal bagi mereka yang menggunakan mata uang lainnya. Dolar mendapat dorongan dari data penjualan ritel AS yang lebih baik dari perkiraan pada hari Kamis.

Sentimen konsumen AS stabil pada awal September setelah jatuh bulan sebelumnya ke level terendah dalam hampir satu dekade, tetapi konsumen tetap khawatir tentang inflasi, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.