Sukses

Jangan Coba Menipu, Tes SKD CPNS 2021 Gunakan Sistem Face Recognition

Liputan6.com, Jakarta Tes SKD CPNS 2021 yang sudah berlangsung sejak 2 September 2021 menerapkan beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh peserta. Para peserta SKD CPNS 2021 diharapkan mematuhi segala aturan yang ada supaya bisa lolos proses seleksi ini.

Salah satu aturan yang terdapat dalam ketentuan SKD CPNS 2021 adalah sistem pengenalan wajah atau face recognition.

Dikutip dari akun Instagram resmi BKN, Jumat (17/09/2021), salah satu tujuan dibuatnya fitur face recognition ini adalah untuk mendeteksi peserta yang mengikuti SKD benar-benar sudah terdaftar dalam portal SSCASN. Jika foto yang diinput berbeda, otomatis wajah peserta tidak akan terdeteksi.

Oleh karena itu, peserta SKD CPNS 22021 yang tidak ingin bermasalah ketika melewati face recognition ini sudah seharusnya menginput foto yang sebenarnya ketika mendaftar CPNS.

“#SobatBKN, salah satu tujuan pengadaan fitur face recognition yakni untuk mendeteksi peserta yang mengikuti SKD benar-benar mereka yang terdaftar dalam portal SSCASN. Foto yang kalian input pun semestinya adalah foto yang sebenarnya, sehingga fitur face recognition bisa mendeteksi bahwa kalian adalah benar peserta SKD,” begitu penjelasannya seperti dikutip dari akun Instagram @bkn.go.id, Jumat (17/09/2021).

Dalam akunnya BKN berbagi cerita, pengalaman dari salah satu peserta Tilok SKD Flores Timur bisa menjadi pelajaran ketika wajah tidak terdeteksi oleh face recognition.

"Pengalaman #SobatBKN dari Tilok SKD Flores Timur ini bisa jadi tips kalian yang wajahnya tidak terdeteksi face recognition. Touch up ulang untuk pastikan wajah kalian sama kinclongnya dengan foto yang kalian input😂," begitu penjelasannya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pantau Terus Hasil Skor Tes SKD CPNS 2021 di YouTube BKN!

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan kemudahan bagi peserta yang ingin melihat nilai hasil SKD CPNS 2021. Peserta bisa melihat live score yang dapat diakses melalui akun YouTube BKN.

Selain itu, live score tersebut merupakan sebuah bentuk transparansi dari penyelenggara seleksi CPNS dan PPPK 2021.

“BKN juga tetap menjaga transparansi dan akuntabilitas penyelenggara seleksi, di antaranya dengan menyediakan live score nilai SKD peserta melalui YouTube BKN,” ujar Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama, Selasa (14/09/2021).

Di samping itu, tim pelaksana seleksi ASN 2021 termasuk Panitia Seleksi Instansi di dalamnya tidak hanya menyiarkan langsung hasil live score, tetapi juga telah diwajibkan membuat Pakta Integritas.

Bagi yang belum mengetahui, isi pakta tersebut adalah para pelaksana harus melayani peserta calon ASN. Pelayanan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip kompetitif, adil, objektif, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Bahkan yang terpenting, penyelenggara tidak memungut biaya karena seleksi CPNS 2021 ini memang tidak dipungut biaya sedikit pun.