Sukses

Cerita Singkat di Balik Kesuksesan Bank Danamon Selama 65 Tahun Berdiri

Liputan6.com, Jakarta "If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together". Itu adalah salah satu pepatah yang sering didengar, tentang pentingnya sebuah kerja sama antar tim. 

Pepatah itu juga dijadikan pijakan bagi Bank Danamon untuk menggambarkan pencapaian selama 65 tahun ini lewat semangat berkolaborasi. Pada 1956, lembaga keuangan ini dikenal sebagai Bank Kopra Indonesia, kemudian berganti nama menjadi Danamon pada 1976. 

Empat tahun kemudian, Danamon tercatat sebagai bank pertama yang memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia. Nah, nama Danamon sendiri berasal dari dua kata, yaitu dana dan moneter. 

Melalui dua kata penuh makna itu, Danamon hadir untuk membawa jutaan orang lebih sejahtera. Bukan hanya para pelanggannya, tapi juga karyawan dan masyarakat umum lain, agar dapat tumbuh dan mencapai kehidupan lebih baik dan sejahtera. 

Untuk mencapai tujuannya itu, sejak kelahirannya di Tanah Air dan seiring dengan ekspansi bisnisnya, Danamon berkolaborasi dan berkontribusi dalam mendukung berbagai komunitas. Kantor cabang Danamon pertama dibuka pada 1983 di Jakarta.

Ya, selama 65 tahun berkarya, Danamon tumbuh semakin kuat.  Pada 1994, berkolaborasi dengan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, Golden Truly, yaitu meluncurkan Kartu D Golden Truly Visa.

Danamon juga bekerja sama dengan Aetna Life untuk memberikan perlindungan asuransi. Selama perjalanannya, Danamon juga mengalami pasang surut. Untuk menguatkan kembali lini bisnis keuangan, Danamon pun bersinergi dengan berbagai pihak, seperti Morgan Stanley, Directorate General of Tax on its service of Monitoring Online Tax Reporting and Payment, Astra Sedaya Finance, Semesta Citra Dana, dan masih banyak lagi. 

Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki dalam Konferensi Persnya, Jumat (16/7) mengatakan pada 2004, Danamon mencapai pangsa pasar mikro melalui produk Dana Simpan Pinjam. 

"Hal ini memungkinkan kami memperluas jaringan kami untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia," ujar Yasushi Itagaki. 

Selama perjalanannya, Danamon terus berupaya mewujudkan visi misinya untuk menjadi lembaga keuangan Indonesia. Melihat segmen pelanggan yang memiliki nilai unik, Danamon pun juga mempertimbangkan kualitas karyawannya, agar kelak dapat memberikan pelayanan terbaiknya. 

"Kami mendukung karyawan untuk tumbuh dan berkembang melalui pendirian Danamon Corporate University. Ini adalah pusat pembelajaran bagi karyawan, untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan mengembangkan talenta baru, dengan kualitas terbaik bagi perusahaan dengan menerapkan nilai perusahaan BISA yang merupakan singkatan dari Berkolaborasi (Kolaborasi), Integritas (Integritas), Sigap Melayani," ujar Yasushi Itagaki. 

2 dari 5 halaman

Peran MUFG Integral Kesuksesan Danamon

Perjalanan hidup Yasushi Itagaki dalam industri bidang perbankan korporasi dan perbankan investasi (corporate and investment banking) cukup panjang.

Dia pun tak menyangka, Indonesia yang menjadi negara pertama yang dikunjunginya, kini menjadi tempatnya berkarya. Ya, Yasushi Itagaki kini berkarya bersama seluruh tim Danamon. Memegang prinsip kepemimpinan, Yasushi Itagaki percaya bahwa kesuksesan seorang pemimpin karena mau mendengarkan.

Yasushi Itagaki pun mengatakan bahwa kesuksesannya berdiri Bersama Danamon tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan. 

Berkat berkontribusi tersebut akhirnya membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia. Salah satu peran penting dalam kesuksesan tersebut karena Danamon resmi menjadi anggota MUFG Bank, Ltd. 

Ya, investasi MUFG di Danamon memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dan franchise Danamon, serta mendukung bank untuk bertumbuh menjadi bank terkemuka di Indonesia. 

Bidang kolaborasi dan sinergi ini mencakup pembiayaan untuk rantai pasokan otomotif, perbankan ritel, inovasi digital, dan kemampuan manajemen risiko. 

"Sejak saat itu, Bank Danamon berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan terkemuka seperti PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, PT BSD Diamond Development, PT Perfetti Van Melle, PT Investree Radhika Jaya, dan masih banyak lagi."

Kolaborasi tersebut dapat terjadi karena kemampuan Danamon dalam melayani pelanggan di setiap segmen ekosistem bisnis. Mulai dari perusahaan global besar hingga skala distributor, pemasok lokal, dan konsumen pada umumnya.

Tak hanya itu saja, di masa pandemi, Danamon juga mengadakan serangkaian kegiatan. Mulai dari Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan bantuan, baik dalam bentuk uang tunai, sembako, hingga bantuan penjunjang kesehatan.

Selain itu pada 23 Juni 2021, Danamon bekerja sama dengan MUFG dan Adira Finance menggelar Vaccination Central. Acara ini didukung penuh oleh Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Kementerian Transmigrasi dan Energi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, serta RS Mayapada, dan Halodoc sebagai operasional. fasilitator dan manajemen janji vaksinasi.

 

3 dari 5 halaman

Pencapaian Danamon Selama 65 Tahun

Danamon fokus pada visi dan misinya, yaitu membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan, dengan menerapkan nilai-nilai perusahaan sebagai lembaga keuangan terkemuka di Indonesia.

Atas komitmen dan inovasi dalam pelayanannya, pada 2020 Danamon meraih penghargaan sebagai Best Digital Bank oleh Asiamoney pada ajang penganugerahan Asiamoney Best Bank Award 2020. Di tahun yang sama, Danamon juga ditetapkan sebagai Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 4 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 27 Mei.

Tak hanya itu saja, Danamon juga memberikan solusi finansial bagi nasabah pada segmen upwardly mobile dalam Danamon Optimal. Dari program tersebut, Danamon pun berhasil meraih penghargaan Asia Trailblazer Award oleh Retail Banker International (RBI), dengan predikat Highly Recommended untuk kategori Best Digital Banking Initiative berkat alih pengetahuan dan teknologi dari MUFG.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan dukungan Anda tentunya dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus hadir memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik. Kami juga bersyukur atas semua pencapaian Danamon yang kini menjadi anggota dari MUFG dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski tahun 2020 dan awal tahun ini, kita dihadapi banyak tantangan seperti kondisi ekonomi tidak menentu dan situasi yang sulit akibat pandemi, Danamon tetap dapat mengukir berbagai pencapaian. Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, kami ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk optimis menatap kedepan dengan dapat bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini," kata Itagaki.

4 dari 5 halaman

Kinerja Yasushi Itagaki Selama Dua Tahun Memimpin Danamon

Dalam kesempatan itu, Yasushi juga berbagi cerita tentang apa saja yang sudah dilakukannya  selama mendampingi Danamon dalam pertumbuhannya.

Yasushi bercerita bahwa dia fokus pada strategi bisnis yang sudah ada sekarang, seperti layanan perbankan untuk nasabah dan Usaha Kecil Menengah, Enterprise Banking, hingga pembiayaan otomotif bersama Adira Finance.

"Fokus saya selalu pada engagement seluruh stakeholders, tidak hanya karyawan dan nasabah, tapi juga investor, pemerintah, partner dan media. Kembali ke poin saya di awal, sangat penting bagi kita untuk tumbuh bersama dengan stakeholder dan saya sudah membuat berbagai kunjungan dan event di selurh Indonesia untuk membangun koneksi yang sehat dan kuat. Di masa pandemi seperti sekarang, kebanyakan event memang dilakukan secara virtual. Tapi jika situasi sudah membaik nanti, saya akan meneruskan untuk melakukan kunjungan sebanyak mungkin" ujarnya.

Meski baru dua tahun memimpin, namun Yasushi mempunyai harapan pada Danamon untuk 10 tahun ke depan. Ya, dia berharap Danamon tetap dapat menjadi bank terkemuka dalam bisnis keuangan berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. 

"Lebih khusus lagi mengingat perubahan iklim sebagai tantangan global. Kami ingin mendukung transisi energi Indonesia melalui pembiayaan berkelanjutan untuk energi terbarukan dan inisiatif energi yang efisien. Saya optimis bahwa kita dapat melewati bisnis ini sambil menjaga bumi ini sebagai warisan lengkap untuk generasi mendatang," tutup Yasushi Itagaki. 

5 dari 5 halaman

Festival Kolaborasi

Untuk memegang komitmen Tumbuh Melalui Kolaborasi, Danamon menggelar Festival Kola6ora5i. Ini adalah sebuah festival virtual yang mengusung semangat kolaborasi untuk kita tumbuh bersama, tetap produktif dan bersikap positif walaupun #dirumahaja. Danamon percaya, bersama kita bisa tumbuh lebih cepat dan lebih jauh.

Di area festival virtual ini masyarakat dapat menemukan kisah inspiratif perjalanan Danamon. Juga ada promo produk kolaborasi spesial HUT Danamon dan perjalanan kolaborasi #Danamon selama ini. Dan yang jangan sampai dilewatkan adalah 650 Menit Beraksi dan Berkolaborasi.

650 Menit Beraksi dan Berkolaborasi adalah talk show yang mengangkat tema pentingnya berkolaborasi agar bisa tumbuh semakin kuat. Banyak banget speaker inspiratif yang akan dihadirkan di #FestivalKolaborasi. Mulai dari King Nassar, Devina Hermawan, Andy Yanata, Joko Anwar, Rudy Salim, Nike Prima, Wardah Mansur.

Juga bakalan hadir Financial Consultant yang juga CEO Value Magazine, Andika Diskartes. Dalam festival ini juga akan menampilkan desainer kenamaan Tanah Air Oscar Lawalata yang akan membahas tentang Fashion Beyond Fabric.

Tak ketinggalan Chairman Filosofi Kopi Angga Dwi Sasongko yang akan membahas seputar bisnisnya yang berjalan di masa pandemi. Nah, kalau kamu mau belajar tentang cuan dari digital, Danamon mendatangkan Tasyi Athasiya.

Yuk tunggu apalagi, kamu bisa langsung kunjungi www.festivalkolaborasi.id dan jangan lupa juga untuk update terus info terbarunya di Instagram @mydanamon dan Twitter @danamon, ya!

Untuk menikmati rangkaian acara Festival Kolaborasi, nasabah maupun non-nasabah dapat mengakses area festival ini dengan mudah dan gratis. Yuk nonton acara kerennya, jangan sampai kelewatan ya!

 

(*)