Sukses

Jangan Takut, Ini 4 Tips Gunakan Pinjaman Online Secara Aman

Banyak orang menjadikan dana yang bersumber dari pinjaman online untuk memenuhi biaya kehidupan sehari-hari, biaya pendidikan hingga cicilan barang.

Liputan6.com, Jakarta Pinjaman online  atau disingkat pinjol menjadi salah satu alternatif pendanaan bagi masyarakat yang cepat dan mudah.

Banyak orang menjadikan dana yang bersumber dari pinjaman online untuk memenuhi biaya kehidupan sehari-hari, biaya pendidikan hingga cicilan barang.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami pengggunaan pinjaman online dengan baik sehingga muncul stigma negatif seolah pinjaman online berbahaya dan harus dihindari.

Padahal, jika pengelolaannya tepat, pinjaman online dapat membantu menyelesaikan kewajiban yang dimiliki.

Mengutip laporan bank OCBC NSIP, Senin (7/6/2021), agar Anda bisa mengelola utang dengan baik serta menggunakan pinjaman online atau pinjol dengan aman, terdapat beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan. Pertama, cek legalitas. Selalu cek legalitas aplikasi pinjaman.

OJK selalu menyediakan daftar pinjol aman sebagai acuan sehingga, Anda tidak perlu khawatir saat meminjam uang.

"Kedua, pinjam sesuai kemampuan Jangan meminjam secara berlebihan. Ukur terlebih dahulu kemampuan membayar angsuran sebelum meminjam dana, berapa yang dibutuhkan, baru setelah itu mendaftar pada pinjol aman," demikian dikutip Liputan6.com.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

Tips ketiga ialah bayar tepat waktu. Jika sudah meminjam, bayarlah angsuran Anda secara tepat waktu. Anda harus memperhitungkan pengeluaran setiap bulan agar angsuran utang tetap berjalan lancar.

Dan yang terakhir, cari alternatif lain, misalnya layanan pinjaman dari bank. Jika memang ragu untuk menggunakan pinjaman online, Anda bisa menggunakan layanan pembiayaan dari badan lain untuk memenuhi kebutuhan Anda.

"Layanan bank jelas lebih aman, terverifikasi oleh OJK, dan memiliki bunga yang kompetitif," tulis OCBC NISP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.