Sukses

Mantan Asisten Bocorkan Rahasia Sederhana Kesuksesan Miliarder Steve Jobs

Mantan asisten eksekutif miliarder Steve Jobs, Naz Beheshti menjelaskan bahwa ada yang disebut jebakan produktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mantan asisten eksekutif mendiang pendiri Apple, miliarder Steve Jobs, Naz Beheshti melihat dari dekat apa yang dibutuhkan CEO teknologi itu untuk menjadi sukses.

Selain memprioritaskan kesehatan dan kebugaran dengan berolahraga secara teratur dan bermeditasi setiap hari, Beheshti membocorkan hal lain.

Dia yang sekarang menjadi pelatih kebugaran eksekutif dan pendiri perusahaan kebugaran Prananaz, mengatakan Steve Jobs juga “sangat efisien dan produktif karena dia  bisa mengatur manajemen energinya dan belum tentu manajemen waktu."

“Ya, itu bagus untuk mengatur sebagian waktu Anda,” kata Beheshti  yang juga menulis “Pause. Breathe. Choose: Become the CEO of Your Well-Being.”

“Tetapi, untuk mengoptimalkan hari Anda dan menjadi paling produktif dan tidak jatuh ke dalam perangkap produktivitas, Anda harus mengelola energi Anda,” imbuhnya.

Mengutip CNBC, Selasa (1/6/2021), Beheshti menjelaskan bahwa ada yang disebut jebakan produktivitas atau productivity trap.

Beheshti menguraikan bahwa hal ini dapat terjadi ketika kita terus-menerus mengejar lebih banyak jam dalam sehari dan memakai dampak kurang tidur kita seperti lencana kehormatan."

“Cara beberapa orang melakukannya, bahkan klien saya ketika mereka pertama kali datang kepada saya, adalah mereka berkata, 'Oh, saya hanya tidur dua jam.' Atau 'Saya tidur semalaman karena saya membutuhkan jam ekstra di hari itu untuk menjadi lebih produktif,'” jelasnya. 

“Tetapi, apakah kualitas kerja Anda produktif dan setara selama jam-jam di mana Anda seharusnya tidur dan memulihkan tubuh dan pikiran Anda? Biasanya ini bukan karena Anda tidak berkinerja terbaik saat Anda kelelahan.”

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saran

Untuk menghindari jebakan bekerja sepanjang waktu, Beheshti menyarankan untuk mengelola beban kerja Anda seperti yang dilakukan Jobs dengan "melihat hari Anda dan menentukan atau mengidentifikasi bagian mana dari hari Anda yang paling butuh energi."

“Lakukan hal-hal yang biasanya Anda tunda, atau yang menantang atau yang biasanya tidak Anda anggap menginspirasi saat memiliki energi paling banyak dan fokus untuk mengoptimalkan hari Anda berdasarkan energi Anda daripada waktu,” katanya. 

“Karena kita semua memiliki jumlah jam yang sama dalam sehari, bukan? Tapi inilah mengapa beberapa orang menyelesaikan lebih banyak dalam sehari daripada orang lain,” tambah Beheshti.

"Pergeseran penting" dari manajemen waktu ke manajemen energi ini adalah apa yang dikatakan Beheshti, dia menyarankan semua kliennya untuk lakukan saat mereka bekerja untuk mengelola stres dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

"Kesejahteraan Anda benar-benar tentang mengambil tindakan yang diberdayakan," katanya. 

"Itu adalah pilihan Anda untuk menjadi CEO kesejahteraan Anda [sendiri]. Dan, ketika Anda adalah CEO dari kesejahteraan Anda, Anda muncul sebagai [versi] diri terbaik Anda di semua bidang kehidupan Anda,” pungkas Beheshti.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.