Sukses

GoTo Bakal Jadi Sentimen Positif Kinerja Telkom, Kok Bisa?

GoTo menjadi salah satu bukti ekonomi digital di Indonesia terus berkembang pesat

Liputan6.com, Jakarta Michael Wilson Setjoadi, Analis Saham RHB Sekuritas Indonesia menyambut positif terhadap konsolidasi vertikal yang dilakukan oleh Gojek dan Tokopedia dengan membentuk holding GoTo. Dengan adanya GoTo, Michael menilai potensi ekonomi digital Indonesia akan semakin menarik.

Terlebih lagi ekosistem digital, baik itu Gojek dan Tokopedia sudah terbentuk.Diakui Michael, memang saat ini kontribusi ekonomi digital di Indonesia masih kecil. Namun terdapat tren peningkatan dari ekonomi digital Indonesia. Dengan Tokopedia dan Gojek membuat holding GoTo, Michael percaya ekonomi digital yang saat ini belum tersentuh akan mereka garap.

"Saya yakin nantinya yang paling tumbuh kencang berasal dari GoTo Financial. Saat ini GoTo Financial belum sepenuhnya menggarap itu. Padahal pangsa pasar GoTo Financial sangat besar. Mungkin nanti akan sama besarnya dengan Ant Financial yang dimiliki oleh Alibaba. GoTo ini memberikan sentimen baru bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia," ungkap Michael kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

Dengan tumbuhnya ekonomi digital ini, Michael optimis investasi yang dilakukan Telkomsel di Gojek beberapa waktu lalu akan memberikan keuntungan yang sangat signifikan di kemudian hari. Apalagi Telkomsel berpotensi untuk mendapatkan sinergi positif dari investasi yang mereka lakukan di Gojek. Sebab ekosistem digital di Gojek dan Tokopedia sudah terbentuk.

"Yang harus diingat, investasi di perusahaan digital tak langsung bisa didapatkan keuntungannya. Namun ketika ekonomi digital tumbuh, maka investasi yang dilakukan Telkom di Gojek juga akan mengalami peningkatan. Yang dilihat investor adalah potensi tumbuhnya ekonomi digital. Sehingga Telkomsel akan sangat diuntungkan dengan terbentuknya GoTo ini, sebab ekosistem digital GoTo saat ini merupakan yang terbesar," terang Michael.

Peningkatan imbal hasil investasi yang dilakukan Telkomsel di Gojek menurut Michael akan kembali berpotensi mengalami peningkatan ketika GoTo akan melakukan IPO di pasar saham. Melihat Telkomsel yang saat ini menjadi operator telekomunikasi terbesar di Indonesia yang memiliki kekuatan finansial terbesar, Michael menilai mereka akan menjadi investor jangka panjang di Gojek.

"Saya yakin Telkomsel tak sekadar mencari keuntungan jangka pendek. Mereka akan monetisasi ekosistem digital yang ada di GoTo terlebih dahulu dengan mencari sinergi bisnis yang mungkin bisa dilakukan antara Telkomsel dan GoTo. Jadi menurut saya Telkomsel tak hanya mengandalkan keuntungan dari investasinya di Gojek. Ketika GoTo IPO, otomatis investasi Telkomsel di Gojek menjadi naik," kata Michael.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prospek Bisnis Digital

Melihat nett cash besar yang dimiliki Telkomsel, serta ekosistem digital di Indonesia yang masih akan tumbuh dan potensi sinergi bisnis yang akan dicapai, Michael yakin sekali anak usaha PT Telkom ini akan terus berinvestasi di perusahaan digital yang ada di Indonesia.

"Dengan EBITDA yang sangat baik dan kelebihan cash yang saat ini dimiliki Telkomsel, jauh lebih baik dipergunakan untuk investasi di perusahaan digital," terang Michael.

Investasi di perusahaan digital dinilai Michael jauh lebih baik ketimbang Telkom atau Telkomsel membuat perusahaan digital. Dari catatan Michael setidaknya sudah 2 kali Telkom Group gagal membangun perusahaan digital.

"Karakter orang yang ada di perusahaan digital dan perusahaan telekomunikasi itu sangat berbeda. Manajemen Telkom dan Telkomsel saat ini sangat progresif, sehingga sangat tepat jika Telkomsel dan Telkom investasi di perusahaan digital," ungkap Michael.

Melihat prospek investasi Telkom dan Telkomsel yang kinclong di perusahaan digital membuat Michael masih merekomendasikan beli untuk saham emiten berkode TLKM ini. Target yang dipatok Michael untuk saham Telkom mencapai Rp 4.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

    Telkomsel

  • Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.
    Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

    GoTo

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

  • Tokopedia adalah salah satu perusahaan perdagangan elektronik di Indonesia.

    Tokopedia