Sukses

Harga Minyak Diramal Bisa Anjlok Jadi USD 10 per Barel pada 2050

Harga minyak bisa turun hingga USD 10 per barel saja pada tahun 2050 jika dunia berhasil mengguncang pasar energi dan memenuhi tujuan Perjanjian Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak bisa turun hingga USD 10 per barel saja pada tahun 2050 jika dunia berhasil mengguncang pasar energi dan memenuhi tujuan Perjanjian Paris, menurut pernyataan perusahaan konsultan.

Konsultan penelitian energi Wood Mackenzie mengatakan dalam sebuah laporan bahwa hal ini akan terjadi apabila para pemimpin dunia dapat mengambil tindakan tegas untuk membatasi pemanasan global hingga 2 derajat Celcius pada 2050.

Ini sebagaimana ditetapkan dalam kesepakatan iklim Paris. Maka, permintaan minyak akan turun "secara signifikan".

Melansir dari CNBC, Senin (19/4/2021), Wood Mackenzie mengatakan di bawah skenario transisi energi yang dipercepat, pasar energi akan semakin didominasi oleh pemanfaatan listrik hingga tahun 2050.

Kecenderungan transisi tersebut akan mengeliminasi posisi hidrokarbon yang paling mencemari, seperti minyak.

Di bawah skenario ini, permintaan minyak bisa turun 70 persen pada tahun 2050 dari level saat ini, kata laporan itu.

Wood Mackenzie memperkirakan permintaan minyak akan mulai turun dari tahun 2023 di bawah skenario ini dan penurunan ini akan semakin cepat setelahnya, dengan penurunan dari tahun ke tahun sekitar 2 juta barel per hari.

Laporan itu mengatakan harga minyak bisa mengalami "penurunan terminal," dengan patokan internasional harga minyak mentah Brent jatuh di antara USD 37 dan USD 42 per barel pada tahun 2030.

Kemarin, minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada USD 66,29 per barel selama transaksi pagi di London. Angka ini berarti turun sekitar 0,4 persen.

Wood Mackenzie mengatakan harga minyak bisa turun antara USD 28 dan USD 32 per barel pada tahun 2040, sebelum turun lagi ke antara USD 10 dan USD 18 per barel pada 2050.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Big Oil 'tidak bisa berpuas diri'

Hampir 200 negara telah meratifikasi kesepakatan iklim Paris pada tahun 2015 dan setuju untuk mengejar upaya untuk membatasi kenaikan suhu planet menjadi "jauh di bawah" 2 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri dan untuk mengejar upaya untuk membatasi kenaikan suhu pada 1,5 derajat Celcius. 

Ini tetap menjadi fokus utama menjelang United Nations Climate Change Conference 2021 (COP26), meskipun beberapa ilmuwan iklim sekarang percaya bahwa mencapai target terakhir sudah "hampir tidak mungkin".

Analisis Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diterbitkan pada 26 Februari menemukan bahwa janji yang dibuat oleh negara-negara di seluruh dunia untuk mengekang emisi gas rumah kaca "sangat jauh" dari langkah-langkah mendalam yang diperlukan untuk menghindari dampak kerusakan iklim yang paling merusak.

Ann-Louise Hittle, wakil presiden minyak makro di Wood Mackenzie, menekankan bahwa laporan konsultasi tersebut adalah skenario daripada "perkiraan kasus dasar".

“Meski begitu, industri migas tidak bisa berpuas diri,” imbuhnya. “Risiko yang terkait dengan kebijakan perubahan iklim yang kuat dan teknologi yang berubah dengan cepat terlalu besar.”

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.