Sukses

Putra Mahkota Jadi Nama Jalan Tol, UEA Janji Tambah Investasi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar (Dubes) Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia, Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri, berterimakasih atas kepercayaan Pemerintah RI yang mengubah nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated (Tol Layang Japek) menjadi Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed.

Menurut dia, itu merupakan penghormatan yang sangat besar kepada Sheikh Mohammed Bin Zayed selaku Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

"Mewakili pemerintah Uni Emirat Arab, saya mau menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk menamai jalan yang sangat strategis dan vital ini atas nama Sheikh Mohammed Bin Zayed," ujarnya dalam acara peresmian Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed di Km 10A Junction Cikunir, Senin (12/4/2021).

Al Dhaheri mengatakan, Pemerintah UEA sangat bahagia dan senang atas apresiasi tersebut. Hal itu seolah jadi momentum positif dari hubungan bilateral Indonesia-UEA yang telah berjalan sejak 1976.

Oleh karenanya, negeri kerajaan asal Timur-Tengah tersebut hendak memperluas cakupan investasinya. Tak hanya berupa minyak bumi dan gas, UEA juga ingin berkolaborasi pada sektor pertanian hingga ritel dengan RI.

"Kita telah beranjak dari sekadar hubungan tentang minyak bumi dan gas, kepada area kolaborasi seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, investasi, ritel, perbankan, dan banyak area kolaborasi lain yang bersangkutan dengan kepentingan orang-orang Indonesia," tuturnya.

"Kami ingin terus melanjutkan lebih banyak kerja sama perdagangan dalam waktu dekat. Terimakasih, dan salam damai dari Pemerintah UEA, dan Sheikh Mohammed Bin Zayed patut mendapatkan penamaan jalan tol ini," pungkas Al Dhaheri.

2 dari 4 halaman

Terungkap, Alasan Tol Layang Jakarta-Cikampek Ganti Nama jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed

Pemerintah resmi merubah nama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Jalan Tol Layang Japek menjadi Tol MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed, Senin 12 April 2021 pukul 08.00 WIB.

Jalan tol dengan nama baru saja ini akan langsung dibuka pada pukul 10.00 WIB arah dari Jakarta ke Cikampek, mulai Km 10 hingga Km 46 Karawang Barat.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkannya langsung untuk meresmikan Tol MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed ini bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Pratikno menceritakan, hubungan diplomatik Indonesia-UEA telah berjalan lama sejak 1976. Ke depannya, pemerintah ingin terus memperpanjang hubungan bilateral ini, utamanya dalam hal penarikan investasi.

"Investasi dari Uni Emirat Arab merupakan salah satu investasi terbesar, baik untuk infrastruktur dan dalam volume besar pada Indonesia Investment Authority," kata Pratikno saat acara peresmian di Tol Layang Japek, Senin (12/4/2021).

Selain itu, dia mentampaikan, penamaan Tol MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed ini merupakan misi balas budi kepada Pemerintah UEA yang telah mencantumkan nama Presiden Jokowi pada salah satu jalan strategisnya.

"Sebelumnya, nama jalan Presiden Joko Widodo juga telah dicanangkan di abu Dhabi. Di jalan utama strategis Abu Dhabi Exhibition Center ke arah Kedutaan Besar Republik Indonesia. Ini penghormatan pada bangsa Indonesia dari UEA, khususnya oleh Sheikh Mohammed Bin Zayed," paparnya.

"Itulah latar belakang penamaan ini. Mulai pagi ini, saya dan Menteri PUPR atas nama Presiden Jokowi secara resmi merubah nama Tol Japek Layang menjadi Tol MBX Sheikh Mohammed Bin Zayed," pungkas Pratikno. 

3 dari 4 halaman

Infografis Plus-Minus Tol Layang Jakarta Cikampek

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: