Sukses

Penyebab Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar Belum Diketahui

Warga yang diungsikan berasal dari desa Kesambi yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan Kilang Minyak Pertamina Balongan

Liputan6.com, Jakarta Kilang Balongan milik PT Pertamina di Indramayu terbakar. Terkait ini, perusahaan memastikan keamanan warga di sekitar lokasi terbakarnya kilang minyak Pertamina Balongan kejadian dengan melakukan evakuasi ke GOR Pertamina Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu.

"Warga yang diungsikan berasal dari desa Kesambi yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan tempat kejadian," ujar Ifki Sukarya, Corporate SecretarySubholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Senin (29/3/2021).

Di tempat pengungsian, Pertamina menyiapkan kelengkapan pencegahan covid 19 berupa masker dan hand sanitizer, serta memastikan warga tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid.

Untuk logistik, Pertamina akan membantu penyediaan konsumsi bagi warga di pengungsian. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan terpal serta kebutuhan warga lainnya di pengungsian.

Sementara itu, upaya pemadaman masih terus berlangsung. Pertamina mendatangkan tim HSSE (Health Safety, Security and Environment) dari unit kilang terdekat yakni Cilacap untuk segera mengupayakan pemadaman kebakaran Kilang Balongan.

Seperti yang telah diketahui, bahwa pada pukul 00.45 dini hari tadi, telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G.

Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang yang terbakar adalah Kilang Minyak Pertamina Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Api Terlihat hingga Jarak 5 Km

Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

"Dari sini kelihatan banget apinya besar," kata Suci, warga Indramayu, seperti dikutip dari Antara.

Suci mengungkapkan, jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun jauh, api tampak jelas membumbung tinggi.

"Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan," kata Suci.

Warga lainnya bernama Dedi menuturkan hal yang sama bahwa kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras.

"Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan," kata dia.

Dari video yang beredar di kondisi lokasi RU VI Balongan terbakar hebat sampai memaksa warga sekitar keluar rumah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini