Sukses

Top 3: Formasi Penerimaan CPNS 2021 hingga Headline Kasus Suap Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan formasi sebanyak 1,2 juta formasi di 2021.

Adapun perekrutan 1 juta formasi diantaranya diperuntukkan bagi Guru PPPK mengambil porsi terbanyak pada seleksiAparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini. Kebutuhan formasi ini bisa diisi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, dan lulusan PPG yang tidak mengajar.

Sedangkan untuk jumlah kebutuhan CPNS 2021 dan PPPK bagi pemerintah daerah disediakan 189 ribu formasi, yang ditempatkan untuk mengisi jabatan selain guru.

Artikel mengenai formasi CPNS dan PPPK 2021 ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu 6 Maret 2021:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

1. Pemerintah Buka 1,27 Juta Formasi CPNS 2021 dan PPPK, Inilah Rinciannya

Pemerintah akan menggelar sejumlah seleksi ASN (Aparatur Sipil Negara) seperti CPNS 2021 dan PPPK. Dipersiapkan sekitar 1,272 juta formasi untuk kedua seleksi tersebut.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memaparkan, jumlah formasi tersebut disediakan untuk perekrutan 1 Juta Guru PPPK, serta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK non-guru untuk pemerintah pusat (kementerian/lembaga) maupun daerah (provinsi/kabupaten/kota).

Jumlah formasi CPNS 2021 dan PPPK tersebut telah disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) secara virtual bersama instansi pusat dan daerah pada Kamis, 4 Maret 2021 kemarin.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 4 halaman

2. Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Dibuka Mei, Simak Jadwal Rencana Seleksi ASN

Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah mempersiapkan rencana pelaksanaan seleksi aparatur sipil negara (ASN) pada 2021 ini. Termasuk untuk perekrutan CPNS 2021  dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dilaksanakan pada Mei 2021.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 juga akan dibuka untuk Sekolah Kedinasan dan perekrutan PPPK Guru dengan 1 juta formasi.

"Seleksi CPNS 2021 dan PPPK (non-guru) diperkirakan dilaksanakan pada Mei 2021. Kemudian pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan 2021 akan dimulai April 2021, dan seleksi PPPK Guru dengan formasi 1 Juta Guru diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei 2021," urainya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/3/2021).

Baca artikel selengkapnya di sini

4 dari 4 halaman

3. HEADLINE: Pejabat Pajak Terseret Dugaan Suap, Pengkhianatan yang Terus Berulang?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menggelar konferensi pers pada Rabu 3 Maret 2021 siang. Kepada para wartawan, dirinya mengaku merasa dikhianati.

Bagaimana tidak, di tengah upayanya mereformasi perpajakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba-tiba mengungkap kasus dugaan suap oleh pegawai di Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Memang, sebelumnya pada Selasa, 2 Maret 2021, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya tengah melakukan penyidikan baru terkait kasus dugaan suap pajak di Ditjen Pajak.

Baca artikel selengkapnya di sini