Sukses

Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran Sepanjang 14,19 Km Rampung Maret 2021

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam tahap penyelesaian tahap akhir pembangunan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km. Progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran saat ini telah mencapai 93,06 persen, dan ditargetkan selesai Maret 2021.

Jalan tol ini merupakan salah satu dari 6 ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sendiri dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun.

Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaknk Seksi I (Kunciran–Tirtayasa) sepanjang 2,04 km, Seksi II (Tirtayasa–Benteng Betawi) sepanjang 3,52 km.

Kemudian Seksi III (Benteng Betawi–H Sastranegara) sepanjang 6,57 km, dan terakhir Seksi IV (H Sastranegara–Simpang Susun Benda) sepanjang 2,06 km.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Gerbang Tol

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) antara lain SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Dukungan ruas tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas dan memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi Megapolitan Jabodetabek, serta mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya.

Selain Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, ruas tol 6 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) lainnya adalah Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,70 km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 km), Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 km).

 

3 dari 3 halaman

Tersambung Tol Kunciran-Serpong

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak Desember 2019 lalu.

Kehadiran ruas ini juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dan wilayah sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.