Sukses

Dari Donasi Sampai Workshop, Konser Amal Kreatif Lokal 2021 Jadi Acara yang Paling Meriah di Awal Tahun

Fokus utama acara ini adalah mengajak penonton untuk berdonasi untuk membantu para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Penggalangan donasi ini disalurkan melalui Benih Baik, dan dibuka hingga 16 Februari 2021.

Liputan6.com, Jakarta Konser Amal Kreatif Lokal 2021 menjadi acara di awal tahun yang paling meriah. Bagaimana tidak? Gelaran tersebut memiliki acara yang sangat inspiratif dan menghibur. Acara tersebut digelar secara live streaming di Vidio.com, Sabtu (16/1/2021).

Namun fokus utama acara ini adalah mengajak penonton untuk berdonasi untuk membantu para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Penggalangan donasi ini disalurkan melalui Benih Baik, dan dibuka hingga 16 Februari 2021.

“Kini kita telah sampai pada puncak acara dari Festival Kreatif Lokal 2020, dan menjadi penting bagi Adira Finance menjadikan Konser Amal Kreatif Lokal 2021 ini sebagai momentum di awal tahun untuk membangun kolaborasi dan memperkuat sinergi. Sesuai janji brand untuk menjadi 'Sahabat Setia Selamanya', kami mengajak semua masyarakat Indonesia dan ekosistem Adira Finance untuk ikut bersama menebar kebaikan,” jelas Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, dalam sambutannya di Konser Amal Kreatif Lokal 2021, Sabtu, 16 Januari 2021.

Melalui donasi ini, Adira Finance mengajak masyarakat memberikan kontribusi nyata dalam membantu memulihkan perekonomian tanah air, agar #BangkitBersamaSahabat bisa terwujud. Diharapkan dana yang terkumpul dapat meringankan sedikit beban para UMKM, dan mereka bisa kembali termotivasi untuk melangungkan usahanya. Yuk, bersama-sama membantu UMKM yang terdampak pandemi dengan klik di sini.

“Mari kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, membantu para pelaku UMKM yang terdampak langsung dari pandemi yang tengah terjadi. Mari jadikan tema #BangkitBersamaSahabat sebagai aksi nyata! Sebab saya percaya, dengan menanam benih baik kita semua akan menuai keberkahan,” ungkap Hafid menambahkan.

Dalam acara tersebut ada pula sharing session bersama para pemenang Kreatif Lokal Award 2020, seperti Dewi Home Crab sebagai pemenang juara pertama kategori kuliner, Reza Yuliani dari Ezmour yang merupakan pemenang dalam kategori fashion. Terakhir juara dalam kategori kriya yaitu Muhammad Ikhwan Tariqo dengan usaha Dekardekor Shop.

Keseruan acara semakin meriah dengan adanya workshop dari para ikon kreatif, yaitu Nonita Respati, Leka Putra dan Yuda Bustara yang membagikan berbagai ide sebagai inspirasi usaha.

Nonita, pemilik brand fashion Purana memberikan tips langkah tepat saat terjun ke bisnis fashion. Hal pertama yang ia lakukan adalah konsistensi.

“Ketika kita membuat produk kreatif itu harus konsisten karena audiens kita juga ingin tahu seberapa konsisten kita. Terus sebagai brand kita juga harus bisa membaca selera pasar dan membuat produk yang relevan dengan kebutuhan pasar dan tren juga,” ungkap Nonita dalam sesi workshop tersebut.

Selain fashion, workshop selanjutnya adalah melukis masker. Leka Putra menjelaskan mengenai bisnis masker yang unik selama pandemi. Ia membagikan tips, mulai dari menyiapkan dan memilih bahan untuk membuat masker yang nyaman dan memiliki nilai jual. Selain itu, Leka juga memberikan saran mengenai penggunaan kuas dan cat akrilik.

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan siap, saatnya mulai melukis masker. Leka memilih masker kain hitam, sehingga saat proses melukis ada triknya tersendiri.

"Karena kainnya hitam, harus dimulai layer-nya dengan warna putih, sebagai base (dasar). Selain itu, cat akrilik ini kalau kering seperti karet, jadi tak sampai luntur kalau dicuci. Kalau kurang padat, bisa didobeli pewarnaan layer-nya," imbuhnya.

Di samping menggalang donasi untuk UMKM, pada kesempatan ini, Adira Finance juga memberikan donasi sebesar Rp 1 miliar kepada Yayasan Lions Indonesia. Donasi tersebut akan digunakan untuk membangun rumah singgah bagi anak-anak pengidap kanker.

“Di Indonesia ada sekitar 11 ribu anak yang mengidap kanker setiap tahunnya. Banyak rumah sakit di luar Jakarta yang tidak mempunyai unit kanker anak. Jadi kami membangun rumah singgah ini agar mereka yang berada di luar Jakarta berobat ke Jakarta, mereka butuh rumah singgah. Kami berharap rumah singgah ini jadi percontohan untuk membangun rumah singgah lain di Indonesia. Saya ucapkan terima kasih semoga bantuan ini bisa menajdi rumah singgah yang dicita-citakan,” ungkap Willy Suwandi Dharma, Ketua Badan Pengurus Yayasan Lions Indonesia saat menyampaikan apresiasinya terhadap donasi yang diberikan.

Konser Amal Kreatif Lokal 2021 ini juga dimeriahkan panggung musik virtual yang dimeriahkan oleh Enda & Oncy UNGU, Denny Caknan dan ditutup oleh penampilan energik dari Siti Badriah.

Untuk diketahui, Konser Amal Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 dimana Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI untuk mengangkat tema #BangkitBersamaSahabat.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance mewujudkan dukungannya terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini menjadi program corporate social responsibility (CSR) Adira Finance yang diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa. Hal ini tertuang pada salah satu corporate branding yang dimiliki yaitu “Adira Finance untuk Indonesia”.

Rangkaian acara Festival Kreatif Lokal 2020 telah terselenggara sejak Agustus tahun lalu, dimulai dengan fase Penjaringan, Penyaringan, serta Penjurian Semi-Final. Kemudian terpilihlah 18 UMKM terbaik dari 6 kategori (Kriya, Fashion, Kuliner, Pertunjukkan, Fotografi, dan Video). Setelah itu, pada fase Penjurian Final 18 UMKM tersebut disaring untuk mencari pemenang pada setiap kategori, untuk mendapatkan penghargaan di Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 yang diselenggarakan pada 13 November 2020. Sebagai puncak acara, tepat pada 16 Januari 2021 kemarin, terselenggaralah Konser Amal Kreatif Lokal 2021.

Danamon, sebagai pemegang saham Adira Finance sebesar 92,07 persen,  turut bangga dapat mendukung Festival Kreatif Lokal 2020, sebuah festival untuk merayakan dan memberikan apresiasi bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya.

Festival ini diharapkan dapat mendukung para wirausahawan pada masa yang menantang ini, yang dimana dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi guna menggerakkan kembali roda perekonomian nasional.

Sejalan dengan visi Bank Danamon, yaitu peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan,  Danamon berharap Festival Kreatif Lokal dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat untuk mencari solusi kreatif agar tetap terkendali dalam menghadapi segala tantangan ekonomi dan turut berkontribusi positif pada komunitas dan lingkungan sekitarnya.

Meski Konser Amal Kreatif Lokal 2021 telah berakhir, tapi penggalangan donasi masih dibuka hingga 16 Februari 2021 mendatang. Donasi ini akan diserahkan kepada para UMKM terdampak pandemi, sehingga kini kesulitan untuk melanjutkan usaha mereka. Donasi yang diberikan, diharapkan dapat membantu para UMKM kembali menggerakan roda perekonomian bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini