Sukses

Tips Dasar Kembangkan Bisnis Bagi Pemula

Berikut cara dasar untuk mengembangkan bisnis bagi para pelaku usaha baru.

Liputan6.com, Jakarta Menghasilkan bisnis baru dengan mengembangkan basis pelanggan itu merupakan hal yang penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Namun, terkadang bisa sangat menantang. Untuk bisa mempertahankan dan bahkan mengembangkan bisnis yang sedang dijalani, para pelaku bisnis baru sangat perlu belajar berbagai macam hal agar semakin sukses. 

Melansir dari laman smallbusiness, Rabu (27/1/2021), berikut adalah beberapa tips dasar dan  praktis untuk membantu mengembangkan basis pelanggan Anda:

1. Kenali pelanggan

Pahami kebutuhan pelanggan, kembangkan produk, dan layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat mendapatkan wawasan tentang pelanggan dengan mempersonalisasi layanan dan mendorong mereka untuk memberikan umpan balik bagi produk atau jasa yang ditawarkan. Umpan balik berguna bagi pelaku bisnis untuk melakukan evaluasi kedepannya.

2. Menawarkan layanan pelanggan yang hebat

Pastikan pelayanan bagi pelanggan Anda luar biasa dan bekerja ekstra. Pelanggan tidak hanya akan mengingat pelayanan yang bagus, mereka juga akan cenderung mengajak orang lain untuk mencoba produk atau jasa bisnis Anda dan mereka tentunya akan kembali.

Jangan anggap ini sebagai hal kecil. Selalu pantau dan tingkatkan pelayanan baik Anda yang diberikan kepada pelanggan.

3. Memelihara pelanggan yang sudah ada dan mencari peluang baru

Miliki strategi untuk membina pelanggan yang ada, seperti tetap berhubungan dengan mereka melalui buletin elektronik atau memberi tahu mereka tentang acara promosi sebelumnya. Bisa juga menyediakan layanan pembuatan memeber bagi pelanggan dengan keuntungan-keuntungan bagi pelanggan sendiri.

Pada saat yang sama, cari peluang untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dan bangun basis pelanggan Anda. Pastikan untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara memelihara pelanggan dan menemukan yang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Manfaatkan penggunaan media sosial

Media sosial adalah alat yang ampuh untuk mempromosikan bisnis ke pelanggan potensial dan mendapatkan wawasan berharga. Manfaatkan platform ini untuk dapat menjangkau banyak pelanggan.

Lakukanlah social listening, yang berfungsi untuk mengetahui apa yang dikatakan pelanggan tentang bisnis Anda, mendapatkan wawasan tentang perilaku mereka, mengidentifikasi kata kunci dan tren yang menarik bagi target pasar, sehingga itu akan meningkatkan layanan pelanggan. 

Media sosial dapat membantu Anda membangun profil bisnis dan menarik pelanggan baru.

5. Hadiri acara jaringan

Investasikan waktu untuk membangun jaringan, ini bukan apa yang Anda ketahui, tetapi siapa yang Anda kenal. Jaringan memungkinkan untuk membangun hubungan dengan orang lain dan mendorong mereka untuk merujuk pelanggan kepada bisnis yang kita miliki dari mulut ke mulut. Sehingga itu akan berdampak baik untuk pelaku bisnis.

3 dari 3 halaman

6. Selenggarakan acara

Menyelenggarakan acara sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal pelanggan dan membangun hubungan. Undang beberapa pelanggan terbaik yang ada dan dorong mereka untuk membawa teman-teman mereka. Bagikan diskon untuk jumlah pelanggan yang ditentukan agar lebih banyak lagi yang tertarik. 

7. Memberi kembali kepada komunitas

Membangun kesadaran merek bersama komunitas lokal adalah cara yang bagus untuk menarik bisnis baru. Pertimbangkan untuk menjadi sponsor atau berpartisipasi dalam acara komunitas untuk meningkatkan profil bisnis Anda.

8. Ukur apa yang berhasil dan upgrade pendekatan untuk pelanggan

Selalu memantau dari mana pelanggan berasal untuk mengukur apakah kegiatan pemasaran berhasil atau tidak. Jangan takut bereksperimen. Sempurnakan pendekatan Anda jika ada yang tidak berhasil dan lebih banyak fokus pada aktivitas yang mencapai hasil terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini