Sukses

Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini Jika Punya Rencana Pensiun Dini

Liputan6.com, Jakarta Menabung untuk masa pensiun sangat penting. Namun untuk Anda yang masih muda mungkin hal yang sangat sulit untuk dipahami. Ini juga bisa menjadi latihan yang berat untuk dompet.

Anda berpikir masa pensiun masih lama, dan masih banyak kebutuhan lain yang perlu dipenuhi di masa kini dibandingkan untuk masa pensiun. Tentunya semua orang ingin menikmati masa muda mereka, dan itu pun membutuhkan uang.

Namun, banyak pengalaman masa tua yang menyedihkan telah menunjukkan bahwa menabung untuk masa pensiun Anda sangat bermanfaat.

Membangun dana pensiun yang cukup besar menjadi sangat sulit jika tidak memulai kebiasaan menabung pensiun sejak dini.

Berikut 3 kesalahan keuangan yang menyebabkan Anda sulit merencanakan masa pensiun, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Jumat (21/2/2021).

 1. Boros Menggunakan Uang

Kebanyakan orang melihat pensiun sebagai hal yang masih jauh dan tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Tetapi jika Anda tidak dapat menabung sedikit yang dimiliki sekarang, bagaimana akan dapat menabung ketika tidak memiliki banyak uang? Studi menunjukkan bahwa ada korelasi sempurna antara pendapatan dan pengeluaran.

Dalam istilah awam, tingkat pengeluaran Anda meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan. Oleh karena itu Anda harus secara bersamaan membayangkan masa depan ketika akan menggunakan uang.

Satu jalan keluar dari perangkap pengeluaran ini adalah dengan mengontrol tingkat pengeluaran Anda dan selalu memprioritaskan menabung untuk masa pensiun di atas pengeluaran.

 

2 dari 3 halaman

2. Anda tidak mendapatkan nasihat yang tepat

Dengan semua nasihat pensiun luar biasa yang tersedia di luar sana, bukankah menyenangkan mendapatkan bantuan dari seorang perencana pensiun?

Perencana keuangan bersertifikat dapat menawarkan nasihat yang sangat baik tentang semua pertanyaan tentang pensiun Anda.

Perencana keuangan dapat mengambil peran sebagai penasihat pensiun, sementara perencana keuangan bersertifikat dapat membantu Anda dengan semua masalah pensiun Anda.

Namun, seorang penasihat yang hanya berfokus pada menumbuhkan uang Anda mungkin tidak banyak membantu.

Godaan untuk menghabiskan uang pensiun Anda yang disimpan dengan susah payah akan selalu mengganggu Anda. Perencana keuangan terbaik adalah orang yang akan memperhitungkan situasi keuangan dan emosional.

Dapatkan penasihat yang akan sepenuhnya memahami toleransi risiko Anda. Penasihat keuangan yang baik dapat membantu meningkatkan kesiapan pensiun Anda dan menyesuaikan harapan pensiun dengan kenyataan.

3. Anda berinvestasi berlebihan

Rumah Anda adalah investasi yang kokoh. Namun, memikul tanggung jawab hipotek bisa menjadi pengalaman yang sangat menenangkan.

Pada awalnya, membeli rumah di tahun-tahun awal dan melunasi pinjaman sebelum menabung untuk masa pensiun mungkin bukan ide yang buruk.

Tapi disitulah banyak orang salah. Jika Anda menunda menabung untuk masa pensiun untuk melunasi hipotek, Anda akan kehilangan waktu berharga yang tidak akan pernah bisa Anda pulihkan.

Meskipun Anda meningkatkan kontribusi ke akun Anda, Anda tidak akan dapat mengganti waktu yang tidak Anda hemat.

Agar aman, menabung untuk masa pensiun harus selalu datang sebelum melunasi cicilan. Selain itu, pengeluaran berlebihan untuk renovasi yang mungkin tidak menambah nilai adalah tidak rasional. Ini akan menelan dana yang bisa disimpan untuk masa pensiun.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini