Sukses

Jokowi Tunjuk Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi Jadi Menteri Perdagangan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Penunjukan ini dikatakan Jokowi saat dirinya mengumumkan perombakan kabinet untuk enam posisi menteri di kabinet Indonesia Maju.

"Terakhir adalah bapak Muhammad Lutfi. Sekarang akan kita berikan tugas untuk pimpin Kementerian Perdagangan," kata Jokowi, Selasa (22/12/2020).

Jokowi pada kesempatan itu turut menceritakan rekam jejak Muhammad Lutfi. Beliau sebelumnya sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Setelah itu, Muhammad Lutfi sempat melanglang buana untuk jabatan Duta Besar Republik Indonesia (RI) di luar negeri, seperti Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Kursi Menteri Perdagangan sebelumnya memang ramai jadi sorotan reshuffle. Posisi yang sebelumnya dijabat oleh Agus Suparmanto ini dinilai rawan lantaran kinerja menteri sebelumnya yang kurang memuaskan.

2 dari 3 halaman

Jokowi Umumkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Jadi Menteri Sosial

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial pada reshuffle kabinet menteri hari ini.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini. Saya kira semua tahu semuanya, Beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharini kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Jokowi mengumumkan didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Adapun Tri Rismaharini terlihat menggunakan baju putih dengan jaket biru lengkap dengan masker.

"Pada sore ini saya bersama-sama bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju," kata Jokowi sebelum mengumumkannya.

Nama Tri Rismaharini disebut Jokowi pertama kali sebagai Mensos pengganti Juliari Batubara.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: