Sukses

Everplate Cloud Kitchens Paling Hype, Apa Kata Mereka?

Everplate Kitchens melayani semua segmen bisnis kuliner.

Liputan6.com, Jakarta Bisnis model cloud kitchen yang dirancang khusus untuk layanan pesan-antar sudah sangat populer di Indonesia. Suksesnya terbukti dari beberapa perusahan cloud kitchen yang muncul di saat pandemi ini.

Tetapi tidak semua cloud kitchen mempunyai bisnis model yang sama. Ada yang hanya sewa tempat, ada yang menawarkan penyewaan dapur dan tenaga kerja, lalu ada juga yang menawarkan nilai-tambah layanan (manajemen fasilitas, onboarding ke berbagai platform penjualan dan konsultasi pemasaran).

Setiap jenis cloud kitchen ada pasarnya, dan akan menarik berbagai jenis pengusaha kuliner. Everplate Kitchens melayani semua segmen bisnis kuliner dan respon pasar terhadapnya bervariasi tergantung profil dan kebutuhan setiap segmen.

Penasaran kan apa kata masing-masing segmen? Everplate melihat bahwa pada umumnya, tenant yang bergabung jatuh di salah satu tiga segmen berikutnya:

1. Enterprises

 Yaitu bisnis yang sedang mencari cara tercepat untuk memperluas pemasaran di lokasi baru dengan biaya minimal. Pada dasarnya, restoran sudah mempunyai konsep dan bisnis model yang terbukti berlaku.

“Kita jadi ada area baru. Let’s say pelanggan buka aplikasi online untuk order makanan, SGD akan muncul di halaman resto-resto terdekat dalam berapa radius. Yang tadinya susah dapat mungkin karena ongkir terlalu mahal, bahkan kalau sudah terlalu jauh kita tidak muncul di aplikasi pelanggannya,” kata Garry Atmadja, Chief Operating Officer SGD Tofu House 1962.

2. UMKM

Mereka coba mencari langkah untuk fokus terhadap online food delivery.

“Saya bermimpi untuk punya cabang di tengah kota. Dengan Everplate, mimpi itu bisa terwujud,” ujar Peggy, Pemilik Mypegscorner.

 

3. Pemilik Restoran Pemula

Di saat pandemi, banyak pengusaha kuliner memulai penjualan via e-commerce, aplikasi layanan pesan-antar, dan media sosial.

Pengusaha yang memiliki visi penskalaan akan melihat cloud kitchens sebagai solusi terbaik untuk mengembangkan bisnisnya. Itu karena resiko jauh lebih rendah dibandingkan buka restoran fisik, apalagi dalam situasi saat ini yang tidak menentu.

Furutu Sando, salah satu pemenang kampanye Generasi Cuan, telah bergabung di Everplate Kitchens Kemanggisan-Slipi, Anggrek.

“Awal berdiri Furutu Sando tepatnya saat pandemi tahun 2020 ini dimana masyarakat mulai menyadari konsep hidup sehat itu penting,” kata Henny Wirawan, Pemilik Furutu Sando.

Strategi pemasaran Furutu Sando bergantung media sosial. “Melalui Instagram, terutama Instagram Ads dan mulai mencoba untuk memasarkan lewat TikTok. Bulan November join Everplate dan banyak terbantu dengan posting oleh Influencers Instagram,” katanya.

Everplate Kitchens juga menawarkan nilai-tambah layanan seperti manajemen fasilitas, onboarding ke berbagai platform penjualan dan konsultasi growth.

“Dengan bantuan dari growth team sangat helpful terutama untuk brand awareness juga dibimbing cara pemasaran yang cocok,” pungkasnya.

Tertarik untuk bergabung di Everplate Kitchens? Langsung daftar di lp.everplate.co.id/daftar-konsultasi atau DM Instagram @everplatekitchens Ingin cari tahu promo terbaru dan menarik? Ikuti akun Instagram @everplate.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.