Sukses

Telepon CEO Tesla, Jokowi Lobi Elon Musk Investasi ke Indonesia

Jokowi juga mengajak Elon Musk selaku CEO Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X.

Liputan6.com, Jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelpon CEO Tesla Elon Musk, pada Jumat, 11 Desember 2020. Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia.
 
Mengutip keterangan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Jokowi , turut mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan.
 
"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik," demikian ditulis Minggu (13/12/2020). 
 
Selain itu, Jokowi juga mengajak Elon Musk selaku CEO Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X. Seperti diketahui, Space X ialah perusahaan transportasi luar angkasa swasta yang telah mengembangkan keluarga roket Falcon dengan tujuan menjadi kendaraan peluncuran yang dapat dipakai ulang. 
 
Elon Musk sendiri menanggapi undangan tersebut dan tertarik untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut. Dia berencana akan mengirimkan timnya ke Indonesia tahun depan. 
 
"Elon Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut," demikian mengutip keterangan Kemenko Marves.
 
 
 
 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik Terbesar di Dunia, Luhut Diutus Jokowi 'Menghadap' Tesla?

Setelah mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja pada Oktober 2020, Presiden Jokowi langsung merencanakan tim tingkat tinggi untuk mempromosikan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law yang menyederhanakan peraturan berbisnis di Indonesia.

Rencananya minggu depan, seperti dikutip di laman Reuters, Jokowi akan mengirimkan tim besar ke Amerika dan Jepang. Berkaitan dengan hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang memimpin tim, ditugaskan bertemu eksekutif pabrikan mobil listrik Amerika Serikat, Tesla.

Tujuannya, mengukuhkan Indonesia sebagai produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia. 

"Ini sangat penting karena kita punya rencana besar untuk menjadikan Indonesia penghasil baterai litium terbesar dan kita punya (cadangan) nikel terbesar," sebut Jokowi.

Dalam wawancara terpisah, Luhut menjelaskan bahwa akan ada pertemuan dengan Bank Dunia dan pengelola dana AS, untuk membahas Omnibus Law dan proyek lingkungan Indonesia. 

Nah, berkaitan dengan pertemuan dengan Tesla, Luhut enggan berkomentar. Dia hanya mengatakan bahwa ada peluang bagus bagi perusahaan yang ingin berinvestasi, dalam pengolahan nikel Indonesia, untuk tujuan pemangkasan biaya. 

Untuk diketahui sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk pernah mengatakan bahwa dia berencana menawarkan kontrak raksasa dalam jangka waktu panjang selama nikel ditambang dengan cara yang efisien dan peduli terhadap lingkungan.

Luhut pun menegaskan, Indonesia bisa membuat rantai pasokan aki ramah lingkungan dalam tujuh hingga 8 tahun dengan menyalakan smelter dengan sumber energi terbarukan. Sehingga bisa menjual aki ramah lingkungan untuk mobil di pasar Eropa pada 2030.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Elon Musk adalah salah satu miliarder dunia yang berasal dari AS.

    Elon Musk

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tesla