Sukses

Erick Thohir Angkat Indarto Pamoengkas jadi Dirkeu dan SDM PT Len Industri

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Indarto Pamoengkas sebagai Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Indarto Pamoengkas sebagai Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri menggantikan Priadi Ekatama Sahari.

Penetapan tersebut disahkan melalui penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-376/MBU/11/2020 yang dilaksanakan secara daring, pada Kamis, 19 November 2020.

Kementerian BUMN mengambil keputusan dan penetapan ini sebagai upaya memperkuat peran Len Industri memimpin kolaborasi antar BUMN di lingkup BUMN Sub-Klaster Industri Pertahanan (Indhan) dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan nasional.

"Pembentukan Holding BUMN Indhan yang kini masih berjalan memiliki tujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan perekonomian industri pertahanan dalam negeri agar menjadi lebih maju, kuat, mandiri dan berdaya saing," ujar Manajer Komunikasi Korporasi PT Len Industri Rastina Anggraeni dalam pernyataan resmi, Jumat (20/11/2020).

Adapun, Indarto Pamoengkas sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan di PT Pupuk Indonesia (Persero) selama 5 tahun terhitung dari Desember 2015, serta Senior Vice President di PT Bank Mandiri dari September 2000 hingga Desember 2015.

Indarto Pamoengkas dinilai telah matang sebagai pengatur strategi keuangan perusahaan holding. Pupuk Indonesia yang dia kelola dapat meningkatkan kinerja operasional dan keuangan secara signifikan, serta menjadi "Trusted Company" dalam tata kelola perusahaan tahun 2018.

Dirinya juga pernah menerima Penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer 2017 dari Majalah SWA pada 3 tahun lalu.

Dengan susunan Direksi yang baru tersebut, PT Len Industri semakin siap untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasionalnya, sehingga dapat turut berkontribusi memperkuat sektor industri pertahanan, transportasi kereta, energi baru terbarukan, serta ICT dan navigasi di Indonesia.

Melalui penetapan tersebut, susunan Direksi PT Len Industri per tanggal 19 November 2020 menjadi sebagai berikut:

- Direktur Utama: Zakky Gamal Yasin

- Direktur Operasi I: Linus Andor Mulana Sijabat

- Direktur Operasi II: Adi Sufiadi Yusuf Abdurrajak

- Direktur Keuangan dan SDM: Indarto Pamoengkas

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisnis Elektronika Pertahanan

Sebagai informasi, PT Len Industri adalah perusahaan BUMN yang berbasis teknologi dan bergerak dalam lini bisnis elektronika pertahanan, energi dan sistem daya, teknologi informasi dan komunikasi (ICT), sistem navigasi, serta sistem transportasi.

Seiring berjalannya waktu, Len Industri telah merealisasikan dan menjalankan bisnisnya sebagai manufaktur modul surya dan persinyalan, investor IPP PLTS (Independent Power Producer), O&M (Operation & Maintenance) dalam bidang perkeretaapian, managed service di bidang ICT, consumer goods dalam penyediaan PLTS Rooftop (Len Solar), Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam pembangunan Palapa Ring Paket Tengah, hingga kolaborasi kerjasama antara BUMN untuk pemanfaatan PLTS di BUMN, serta EPC (Engineering, Procurement, Construction) untuk kelima lini bisnis tersebut.

Len Industri dalam industri pertahanan memfokuskan kompetensinya di bidang C4ISR (Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance) untuk menyuplai dan mendukung kebutuhan alutsista TNI di tiga matra (AD, AL, AU), antara lain: Taktikal data link, Radar 3D medium range, Target drone, Drone MALE Black Eagle, Combat Management System (CMS), Gunnery Firing Range (GFR) Taktikal radio, dan lain-lain.

Di tengah pandemi Covid, Len Industri berperan aktif bersama BPPT dalam penyediaan emergency ventilator untuk penanganan pasien penderita Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.