Sukses

Iriana Jokowi: Pandemi Beri Banyak Hikmah, Dorong UMKM Beralih ke Digital

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi membuka gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) sesi III bertema UMKM Sahabat Milenial secara virtual, Jumat 20 November 2020.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Negara mengapresiasi pelaku UMKM yang pantang menyerah memajukan usahanya di tengah pandemi Covid-19. Mereka pun dinilai semakin banyak inovasi dan kreatif.

"Pandemi beri banyak hikmah, terutama mendorong UMKM beralih ke digital. Hal ini membuat produk-produk UMKM semakin cepat dikenal di dunia internasional. Membuat UMKM kita semakin maju dan naik kelas," kata Iriana, Jumat (20/11/2020).

Iriana mengimbau UMKM untuk memanfaatkan perkembangan ini dengan sebaik-baiknya. "Kita harus menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk memperbaiki kualitas produk, branding, packing, pelayanan, juga harga, agar tidak kalah bersaing dari negara-negara lain," imbuhnya.

Tak lupa, Iriana juga memberikan masukan bagi kaum muda atau milenial untuk bantu mengembangkan jenis usaha kreatif dan inovatif.

"Pemanfaatan platform digital bagi usaha milenial sangat menjanjikan, karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi," ujar dia.

Menurut dia, milenial memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas. Khususnya karena adanya interaksi yang intensif melalui media sosial.

"Karena itu, sekarang adalah waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, untuk membangun dan membesarkan UMKM. Membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga mendorong perekonomian agar kita kembali bergerak," tuturnya.

Pemerintah di sisi lain disebutnya telah memberi banyak kemudahan. Itu diwujudkan melalui banyak program pengembangan kewirausahaan, UMKM, termasuk untuk kaum milenial.

"Kita dorong dan ciptakan budaya entrepreneur karena anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global mendunia. Membawa nama produk-produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional," pungkas Iriana.

 

2 dari 3 halaman

Dukung UMKM di Tengah Pandemi, BI Gelar Karya Kreatif Indonesia 2020 secara Virtual

Bank Indonesia (BI) kembali menggelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang ke-5 kalinya. Di tahun 2020 ini, gelaran untuk UMKM ini diselenggarakan secara virtual dengan 3 seri.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi BI dan pemerintah untuk tetap memajukan UMKM sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional.

"Oleh karenanya, penyelenggaraan KKI di tahun 2020 kita lakukan dengan konsep, pendekatan dan kreatifitas yang baru untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada untuk tetap memajukan UMKM," ujar Perry dalam tayangan virtual, Jumat (28/8/2020).

Perry melanjutkan, event KKI diselenggarakan tidak hanya untuk mengangkat karya kreatif dari UMKM-UMKM binaan BI, namun juga mendorong akses perluasan UMKM ke pasar global dengan dukungan pemanfaatan teknologi.

"Inilah komitmen kuat dari Pak Presiden, Menkop UMK, Menparekraf, BI secara bersama kita akan maju membina dan memperkuat UMKM kita," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Budi Hanoto menyatakan, seri pertama KKI dimulai pada 28 Agustus hingga 30 Agustus 2020 mendatang dengan tema Sinergi untuk UMKM Ekspor.

Lalu, seri kedua akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 dengan tema Sinergi untuk UMKM Digital. Seri ketiga akan berlangsung di bulan November 2020 dengan tema UMKM Sahabat Milenial.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: