Sukses

Boros Saat Belanja Online? Begini Trik Hematnya

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir belanja online marak dan berkembang pesat di Indonesia, terutama dengan penjualan khusus dan meriah beberapa kali sepanjang tahun dengan menawarkan diskon tinggi.

Dengan kemungkinan masih banyak tawaran penjualan lain yang mungkin membuat Anda tertarik, berikut adalah beberapa tips belanja online untuk menghemat uang, melansir berbagai sumber, Selasa (24/11/2020):

1. Buat list belanja

Tips yang jelas tapi menghemat waktu. Putuskan terlebih dahulu apa yang akan dibeli sehingga Anda dapat menghemat banyak waktu dengan memusatkan perhatian pada penawaran terbaik untuk produk itu daripada hanya menggulir tanpa tujuan di berbagai situs web atau kategori untuk mendapatkan penawaran.

2. Bandingkan harga produk

Setelah memutuskan apa yang akan dibeli, Anda dapat memeriksa berbagai situs web untuk perbandingan harga atau bahkan ekstensi browser yang memungkinkan untuk membandingkan harga barang di berbagai portal belanja utama. 

3. Penawaran cashback, poin reward pada kartu kredit atau debit

Situs web belanja beberapa memiliki penawaran berkelanjutan jika Anda menggunakan kartu kredit atau debit selama periode tertentu, atau di atas jumlah tertentu per transaksi.

Ini bisa dalam bentuk diskon, cashback, voucher belanja, tiket nonton dll, atau bahkan dalam bentuk bonus poin reward. Anda juga dapat mengatur label atau filter untuk melacak email tersebut untuk mendapatkan nilai maksimal saat berbelanja online selama penjualan.

 

2 dari 4 halaman

4. Ongkos kirim gratis

Periksa apakah produk yang dibeli dikirimkan secara gratis atau dengan biaya tertentu. Beberapa situs memberikan pengiriman gratis untuk beberapa pelanggannya.

Ini bisa juga penjual menampilkan harga pembelian yang lebih rendah tetapi biaya pengiriman lebih tinggi, sehingga membatalkan keuntungan biaya yang sebenarnya.

5. Atur peringatan harga

Beberapa situs belanja online memiliki fitur untuk membantu membandingkan harga serta menyetel peringatan untuk produk yang Anda minati dan akan memberi tahu saat harga mencapai level tersebut. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dan ekstensi browser untuk ini.

 

3 dari 4 halaman

6. Manfatkan lingkaran pertemanan

Jika Anda aktif di facebook, twitter, atau instagram ada beberapa halaman yang berbagi penawaran menarik setiap saat.

Selain itu, jika Anda telah mempersempit pencarian untuk produk tertentu, mintalah pendapat di media sosial atau di antara lingkaran teman agar dapat membantu memvalidasi pilihan dan mereka bahkan mungkin menyarankan alternatif yang lebih baik dengan harga lebih rendah.

7. Periksa review produk

Meskipun ini penting, ini juga sebagian besar subyektif, karena apa yang berhasil untuk orang lain bisa menjadi pemecah kesepakatan untuk Anda, atau sebaliknya.

Selain itu, ada juga masalah ulasan yang tidak relevan atau palsu di beberapa situs belanja, jadi baca ulasan dengan cermat untuk memeriksa apakah ada masalah asli dengan produk tersebut.

Anda juga dapat memeriksa situs web lain yang menerbitkan ulasan secara online, untuk mendapatkan ulasan produk secara keseluruhan dan tidak bias. Agar uang yang dikeluarkan tidak sia-sia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini