Sukses

Simak 7 Cara Ampuh Hemat Uang

Simak dan ikuti 7 cara ampuh ini untuk menghemat uang yang dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Mudah untuk membicarakan cara terbaik menghemat uang, membuat anggaran, mengurangi pengeluaran dan berinvestasi. Namun tentunya terasa sulit dalam mempraktikkannya.

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam mengatur keuangannya dan belum tentu berhasil jika mengikuti cara orang lain.

Namun mungkin tidak sedikit juga orang yang sudah menemukan cara ampuh untuk menghemat uang dan menabung untuk masa depan.

Mengutip dari Lifehack.org, Senin (16/11/2020) berikut adalah 7 cara ampuh yang terbaik untuk menghemat dengan lebih cepat dan cerdas:

1. Batalkan semua langganan 

Salah satu yang dapat dan harus dilakukan. Mampu melangkah mundur dan melihat apa yang mengacaukan hidup Anda dan apa yang membuat kemajuan lebih baik dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kedudukan finansial.

2. Otomatiskan tabungan dari gaji

Ada opsi agar sebagian dari gaji Anda dapat langsung masuk ke rekening tabungan sekunder dan menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghemat uang setiap bulannya. Kebanyakan orang cenderung menghabiskan sebagain besar dari gaji yang dimiliki untuk berbelanja kebutuhan.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara menghemat uang

3. Hilangkan kesenangan selama pandemi

Kita semua berada di pandemi global yang tidak tahu kapan akan berakhirnya. Oleh karena itu menghematlah selagi bisa.

Cetaklah rekening koran terakhir Anda dan soroti semua jenis makanan saji yang telah dikeluarkan. Jumlahnya mungkin akan mengejutkan Anda sehingga membuat berpikir 2 kali tentang gaya hidup tersebut.

4. Belanja bahan makanan online

Beberapa orang berpikir belanja online dapat meningkatkan jumlah yang akan dibeli namun untuk kategori ini mungkin tidak akan terjadi.

Ketika berbelanja melalui toko maka ada 2 hal yang akan terjadi yakni mengambil barang impulsif dan tidak pernah tahu total belanjaan hingga membayarnya.

Maka dengan melakukan belanja online, maka Anda dapat melihat total saat menambahkan item ke keranjang. Sehingga cenderung tidak melakukan pembelian impulsif dan akan menghemat uang setiap bulannya dengan memilih belanja bahan makanan secara online.

 

 

3 dari 3 halaman

Cara selanjutnya

5. Bersihkan barang tidak terpakai

Menjadi salah satu terbaik untuk menghemat uang. Ketika membersihkan sebuah ruangan di rumah maka Anda dapat menemukan banyak barang yang tidak terpakai sehingga dapat menjualnya secara online.

Dengan melakukan hal ini tidak hanya akan mendapatkan uang namun juga membuat rumah menjadi lebih rapi dan teratur kembali.

6. Berlibur bersama teman

Berlibur sendiri cenderung mahal dan bosan, oleh karena itu berlibur dengan teman adalah salah satu opsi terbaik karena dapat membagi harganya secara rata. Selain itu jangan lupa juga untuk membeli makanan di toko bahan makanan terdekat untuk menghindari makan di luar.

7. Buat anggaran

Jika Anda tidak membuat anggaran dan menuliskan tujuan maka akan kesulitan untuk menabung. Bekerjalah lebih cerdas bukan lebih keras untuk meningkatkan rekening bank sekaligus mengurangi yang tidak diperlukan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.