Sukses

Negara G20 Soroti Transformasi Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Indonesia bersama dengan anggota G20 konsisten mendorong pemulihan ekonomi pasca krisis multidimensional yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bersama dengan anggota G20 konsisten mendorong pemulihan ekonomi pasca krisis multidimensional yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Transformasi ekonomi dan pembangunan yang inklusif pun menjadi variabel penting bagi seluruh anggota G20 pasca krisis Covid-19.

“Secara spesifik, peranan anggota G20 untuk melakukan transformasi ekonomi yang ditandai dengan digitalisasi berbagai sektor perekonomian, reformasi struktural, serta upaya mempercepat pembangunan yang inklusif menjadi kunci untuk keluar dari krisis ini,” tutur Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Affandi Lukman selaku Sherpa G20 (Utusan) Indonesia, Senin (2/11/2020).

Hal tersebut, tercermin dari semangat anggota G20 dalam pertemuan Luar Biasa Sherpa G20 tanggal 27-30 Oktober 2020 lalu yang merumuskan Leaders’ Declaration yang akan disahkan oleh para pemimpin G20 saat KTT Virtual 21 November 2020 mendatang.

Di pertemuan tersebut, Rizal Affandi Lukman menggarisbawahi dua hal penting dalam menyiapkan kerja sama internasional pasca Covid-19. Pertama, Covid-19 telah mengubah hampir seluruh tata cara pengelolaan ekonomi di setiap negara.

Untuk itu, kebijakan yang menggunakan pendekatan transformasional, seperti digitalisasi, restrukturisasi kebijakan fiskal, dan penguatan sektor industri kreatif perlu diambil oleh Pemerintah untuk menjamin ketersediaan lapangan kerja serta meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat.

“Pendekatan ini tidak lepas dari upaya Pemerintah di dalam negeri untuk memperkuat proses pemulihan ekonomi melalui UU Cipta Kerja,” ujar Deputi Rizal.

Kedua, segala upaya pemulihan ekonomi tersebut mesti tetap memperhatikan aspek pembangunan yang berkelanjutan. Dalam hal ini, pendanaan untuk Sustainable Development Goals (SDGs) dan akses terhadap pendidikan yang berkualitas untuk semua lapisan masyarakat merupakan elemen penting guna memastikan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang inklusif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Baik

Konsep yang disampaikan oleh Sherpa Indonesia mendapat sambutan positif dari anggota G20 lainnya, termasuk dari Pemerintah Arab Saudi selaku Presidensi G20 tahun ini. Hal ini tercermin dari diterimanya beberapa usulan Indonesia menjadi bagian dari rancangan Leaders’ Declaration.

Usulan lain yang juga diangkat oleh Indonesia dalam pertemuan tersebut yaitu menyangkut perlunya aksesibilitas vaksin Covid-19 dengan harga terjangkau bagi masyarakat global.

“Gagasan ini sejalan dengan upaya Pemerintah dalam proses pengadaan vaksin yang aman dan efektif bagi masyarakat Indonesia,” terangnya.

Sebagai bagian dari komunitas internasional yang terus menjaga keseimbangan antara pendekatan multilateral dan bilateral, Deputi Rizal menegaskan bahwa Indonesia akan senantiasa memanfaatkan keberadaannya dalam forum G20 untuk menyuarakan inisiatif yang menjadi kepentingan nasional dan global.

“Tujuannya adalah mendorong proses pemulihan ekonomi yang berkesinambungan dan inklusif”, tutup Deputi Rizal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.