Sukses

AirAsia X Bakal Likuidasi Bisnis di Indonesia Imbas Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta AirAsia X Bhd (Berhad), maskapai penerbangan bertarif rendah (Low-cost carrier) saudara AirAsia, akan melikuidasi unit bisnisnya di Indonesia, sebagai bentuk efisiensi menghadapi pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda.

Diketahui, AirAsia Group Bhd juga telah menghapusbukukan 49 persen sahamnya di Thai AirAsia X. Hal itu disampaikan Wakil Ketua AirAsia X Lim Kian Onn dalam wawancara dengan surat kabar Star.

Mengutip laman Bloomberg, Minggu (18/10/2020), dalam proses likuidasi perusahaan di Indonesia, AirAsia X membutuhkan dana untuk melunasi utang sebesar USD 15,3 juta atau sekitar Rp 225,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.764). Proposal pengajuan dana ini membutuhkan persetujuan investor dan kreditur.

"Negosiasi awal dengan kreditur sulit karena mereka kecewa," kata Lim dalam wawancara. Mereka meminta persyaratan lebih, termasuk ekuitas gratis (free equity). Kendati, hal itu tidak mungkin dipenuhi oleh maskapai di tengah situasi seperti sekarang.

Meski begitu, Lim mengatakan semua pihak ingin tetap mempertahankan dan memajukan maskapai. "Tidak ada yang bisa mendapatkan keuntungan dari kematian kami," katanya kepada surat kabar tersebut.

Maskapai AirAsia ini berencana untuk melanjutkan penerbangan pada kuartal pertama, meskipun bisa berubah sewaktu-waktu.

"Jika rencana penyelamatan mendapat persetujuan, perusahaan harus menegosiasikan kembali setiap kontrak dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga kepentingan semua pemangku kepentingan," jelas diakatanya.

2 dari 3 halaman

AirAsia Tawarkan Diskon Tiket hingga 50 Persen, Cek Promonya

AirAsia bertransformasi menjadi perusahaan digital airasia.com. Pada platform airasia.com terdapat lebih dari 15 lini bisnis yang memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas. Bukan hanya aktivitas travelling, namun juga gaya hidup, e-commerce dan financial technology (fintech).

"Kini airasia.com telah menghadirkan berbagai lini bisnis di Indonesia, di antaranya Penerbangan, Fly Beyond, Hotel, SNAP, Aktivitas dan BIG Loyalty," kata Senior Marketing Manager airasia.com Indonesia, Priska Lampangateia dalam webinar virtual, Senin (12/10/2020).

Sebagai wujud transformasi menjadi perusahaan digital, AirAsia meluncurkan aplikasi "Super ASEAN" yang bisa diunduh melalui Google Play atau App Store. Priska mengatakan, dalam rangka peluncuran aplikasi tersebut, airasia.com memberikan promo "THE airasia.com SUPER SALE".

Promo ini merupakan promo terbesar se-Asia Tenggara dan akan berlangsung mulai hari ini (12/10) hingga 18 Oktober 2020. penawaran harga yang diberikan pada promo tersebut hemat hingga 50 persen, berlaku untuk seluruh produk di aplikasi Super airasia.com atau situs website airasia.com.

"Selama periode promo "THE airasia.com SUPER SALE", pelanggan dapat menikmati diskon hingga 50 persen untuk seluruh tiket penerbangan domestik Indonesia,” ujar Priska dalam webinar virtual yang diadakan pada hari Senin (12/10/2020).

Promo yang ditawarkan bukan hanya untuk pemesanan tiket penerbangan domestik saja, untuk pembelian bagasi, kursi dan makanan juga mendapatkan potongan harga hingga 30 persen. Selain itu, ada pula promo menarik lainnya. Dalam platform SNAP, ada paket spesial liburan 3 hari 2 malam dengan biaya mulai dari Rp1,4 juta saja. Paket liburan ini sudah termasuk dengan biaya penerbangan dan hotel.

"Promo spesial SNAP mulai dari Rp 1.399.000 untuk paket kombo penerbangan dan hotel 3 hari 2 malam. Diskon 20 persen untuk hotel dan 30 persen untuk berbagai aktivitas dengan menggunakan kode promo SUPER30," kata Priska.

Platform SNAP sendiri merupakan fitur terkini dari airasia.com yang memudahkan penggunanya memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus dengan harga yang lebih hemat, bila dibandingkan dengan membeli tiket pesawat dan hotel secara terpisah.

 

3 dari 3 halaman

Tonton Video Ini