Sukses

Kiat Menemukan Minat yang Bisa Diubah Jadi Karier Sukses

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya memiliki karier masing-masing di dalam hidupnya. “Menemukan karier yang disukai adalah hal terbaik yang dapat terjadi pada Anda,” menurut Kevin O’Leary, salah seorang miliarder. 

Jika Anda bisa menemukan dan bekerja sesuai dengan karier yang disukai maka akan terasa menyenangkan dan jam kerja pun tidak terasa.

Namun tentunya mengikuti dan menemukan minat yang diinginkan lebih mudah saat diucapkan daripada dilakukannya.

Mengutip dari CNBC, Rabu (30/9/2020) berikut 3 langkah yang direkomendasikan O’Leary untuk menemukan minat dan mengubahnya menjadi karier yang sukses:

1. Fokus untuk menemukan minat yang melengkapi keahlian

O’Leary mengatakan jika “untuk menemukan apa yang Anda sukai, haruslah mencoba banyak hal yang berbeda.”

Pertahankan fokus di awal sampai menemukan hal yang benar-benar cocok bagi Anda. Bisa juga mencoba menjelajahi berbagai kursus gratis seperti di LinkedIn untuk mempelajari tentang keterampilan yang baru atau lain sebagainya.

Anda mungkin akan merasa lebih bersemangat tentang suatu hal baru yang tidak terduga setelah berusaha keras untuk mencari dan mendapatlannya.

 

 

2 dari 3 halaman

Langkah selanjutnya

2.  Pelajari keterampilan yang banyak dicari dan lihat apakah ada yang menarik minat

Jika Anda tidak yakin apa yang disukai, coba pelajari keterampilan baru untuk melihat apakah ada yang menarik minat Anda.

Terutama ketika pandemi, banyak orang yang belajar hal dan keterampilan baru yang tidak pernah ia miliki sebelumnya sehingga berbeda menjadi semakin diminati.

3. Setelah menemukan minat gunakan media sosial untuk mendapatkan pekerjaan

Setelah Anda mendapatkan hasrat atau hal baru yang ingin dikejar, maka manfaatkan berbagai alat yang tersedia di dekat Anda, terutama internet.

Tunjukkan diri Anda di media sosial dan gunakan outlet media sosial untuk memasarkan keterampilan Anda, membangun jaringan dengan para professional di luar sana dan menemukan peluang kerja yang baru.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan video ini