Sukses

Cloud Kitchen Meredakan Dampak PSBB bagi Pengusaha Kuliner

Liputan6.com, Jakarta Everplate Kitchens, perusahaan pionir cloud kitchen di Jakarta bisa menjadi solusi terbaik bagi para pelaku usaha kuliner selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pada umumnya, pelaku usaha kuliner mempunyai 3 peranan penting yaitu administrasi, pengelolaan dapur, serta panggung utamanya yaitu pengelolaan ruang makan itu sendiri.

Pembatasan layanan dine-in yang terjadi pada saat ini mengharuskan restoran untuk mengandalkan opsi takeaway dan layanan pesan-antar agar terhubung dengan pelanggannya, Everplate dapat membantu para pelaku usaha untuk dapat beradaptasi dengan lebih cepat dan efisien.

Tantangan PSBB kian besar, berbagai macam cara dilakukan oleh para pelaku usaha untuk bertahan di tengah pandemi ini, salah satunya dengan melakukan pengecilan skala bisnis dan jumlah pekerja.

Hal ini dapat dihindari oleh para pelaku bisnis ketika bergabung dengan bisnis cloud kitchens seperti Everplate.

Pertama, biaya awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha lebih ringan dibanding biaya investasi ketika membentuk suatu restoran konvensional, baik dari sisi konstruksi, renovasi, staff, furniture, dan sebagainya.

Ketika bergabung bersama Everplate, para pelaku usaha hanya perlu investasi di deposit dan peralatan dapur utama.

Kedua, biaya operasional yang lebih rendah, pada umumnya 2-3 karyawan sangat cukup untuk operasional sehari hari.

Dari kedua hal tersebut, para pelaku bisnis akan menghadapi resiko yang lebih kecil ketika bergabung dengan konsep bisnis cloud kitchens.

Namun, konsep bisnis cloud kitchens akan sangat bergantung pada platform online, membutuhkan usaha yang lebih besar dalam pemasaran dan optimisasi platform online.

 

Tidak seperti restoran pada umumnya yang meningkatkan penjualan melalui kunjungan, design tempat, dan pelayanan, cloud kitchen mengandalkan presensi online yang baik sehingga membutuhkan investasi waktu dan biaya untuk membangun brand dan menjangkau konsumen.

Everplate Kitchens akan mendukung pengusaha kuliner untuk beradaptasi dengan pergeseran ke market pesan-antar. Bisnis cloud kitchens memperluaskan pasar makanan dan minuman sehingga bermanfaat untuk industri kuliner secara keseluruhan. 

Masing-masing restoran akan menerima pesanan secara virtual melalui aplikasi sistem pesan-antar, lalu restoran akan segera menyiapkan makanannya. Saat makanan telah disiapkan, tim Everplate akan mengumpulkan pesanan untuk diberikan ke para mitra driver.

Ayo segera follow dan kunjungi sosial media Instagram @everplatekitchens.id untuk promo dan informasi menarik lainnya ya.