Sukses

Pertamina Hadirkan 1.226 Produk UMKM di Smexpo 2020

PT Pertamina menyelenggarakan Smexpo 2020

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Smexpo 2020. Gelaran ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tema yang diusung dalam gelaran Smexpo tahun ini adalah Digitalisasi Usaha Kecil Bikin Bangga Indonesia. Pameran ini merupakan pameran online pertama dan terbesar.

"Tema yang kami usung adalah digitalisasi usaha kecil bikin bangga indonesia. Jadi ini merupakan pameran virtual Pertamina yang pertama dan terbesar karena kita akan mempersembahkan 1.226 produk umkm unggulan," ujar Nicke dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Nicke mengatakan, Pertamina Smexpo ini dpersembahkan khususnya memberikan kesempatan pada UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya. UMKM merupakan sektor sangat penting bagi ekonomi Indonesia dan jadi tulang punggung bagi ekonomi Indonesia seperti krisis 1998.

"Pada krisis 1998 UMKM yang menopang sehingga relatif lebih stabil dibanding negara lain. Jadi UMKM ini tidak kurang dari 95 persen tenaga kerja, total investasi di negeri ini disumbang dari UMKM sebanyak 56 persen totalnya. Dan memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB Indonesia," jelasnya.

Pertamina sebagai salah satu BUMN telah membina lebih dari 63.000 UMKM serta sudah mulai penyaluran pendanaan sekitar Rp3,5 triliun sejak 1993. Pembinaan UMKM tersebut menjadi tanggung jawab yang diamanatkan pada Pertamina.

"Pandemi yang terjadi memberikan tekanan yang berat bagi dunia usaha termasuk UMKM, dari survei internal kita sebanyak 53 persen mengalami penurunan demand, Pertamina telah membantu menyerap produk total transaksi Rl10 miliar, Pertamina memberikan pelatihan dalam bentuk virtual, Pertamina telah sediakan pasar digital sehingga diharapkan UMKM Pertamina dapat bertahan serta berjualan," jelasnya.

Adapun Smexpo 2020 akan digelar pada 9 hingga 11 September. Semua masyarakat dapat mengakses melalui www.pertaminasmexpo.com. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan seperti fashion show hingga penampilan dari deretan artis dan musisi ternama.

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Pelanggan Nasional, Ahok Sapa Konsumen Pertamina hingga ke Pelosok

Dalam rangka hari pelanggan, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaya Purnama yang akrab disapa BTP alias Ahok, menyapa langsung pelanggan Pertashop di beberapa pelosok tanah air. Serta menyapa pemenang undian Berbagi Berkah MyPertamina yang berhasil mendapatkan hadiah motor Triumph Bonneville Speedmaster melalui live Instagram @Pertamina.

Menurut Basuki, memaknai Hari Pelanggan Nasional tahun 2020, Pertamina berkomitmen untuk terus menghadirkan energi yang terjangkau dengan distribusi yang lebih luas hingga ke pedesaan.

Tekad ini diwujudkan Pertamina dengan terus membangun Pertashop di wilayah pedesaan yang belum tersedia layanan SPBU serta wilayah-wilayah potensial untuk pengembangan bisnis energi. Komitmen ini juga didukung dengan Call Center 135 yang menjadi jembatan untuk Pertamina memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

“Kepuasan Pelanggan menjadi Performance Indicator bagi seluruh Pekerja Pertamina. Karena Customer adalah Raja. Persaingan sudah sangat tinggi, sehingga pemanfaatan Call Center 135 pun harus dioptimalkan agar Pertamina mengetahui kebutuhan customer dan dapat segera memenuhinya,” ujara dia, Jumat (4/9/2020).

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati juga menyampaikan, kepuasan pelanggan adalah kebutuhan Pertamina. Dengan Pertashop, Pertamina bisa lebih dekat dengan masyarakat dan konsumennya.

“Kita akan ada di seluruh desa. Minimal 1 outlet. Dan masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke SPBU, ada Pertashop yang sudah lebih dekat,” kata Nicke.

“Pertashop juga bisa dijadikan tempat pertemuan untuk masyarakat. Bisa dimanfaatkan untuk pemerintah setempat dan masyarakat, sehingga Pertamina bisa lebih optimal lagi memberikan pelayanan bagi masyarakat,” tambahnya.

Layanan Pertashop Pertamina mendapat respon positif dari sejumlah pelanggan, salah satunya Mulyadi, warga Ulakan Sepakin, Padang, Sumatera Barat yang sehari-hari bekerja sebagai Ojol dan nelayan. Sebelum ada Peratshop, ia membeli BBM ke SPBU yang berjarak 15 Km, kini bisa membeli di Pertashop dengan harga dan kualitas yang sama dengan SPBU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini