Sukses

Cerita Bayu Fajri Banting Setir Buka Jasa Antar Bahan Makanan

IM3 Ooredoo bersama KreatifHub sediakan ruang yang menyatukan UMKM dan Pekerja Kreatif agar dapat tetap produktif mengembangkan bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia selama berbulan-bulan telah memberikan dampak begitu besar kepada hampir semua lini industri. Banyak masyarakat yang akhirnya kehilangan sumber mata pencaharian dan terpaksa harus beralih profesi seperti membuat usaha kuliner rumah dan membuka jasa-jasa baru demi bertahan hidup. 

Di era digitalisasi sekarang ini, UMKM sudah tidak bisa lagi hanya mengandalkan pemasaran tradisional saja. Perlu penggunaan konten kreatif terencana secara online sehingga membantu mereka mencapai target market yang lebih luas. 

Seperti salah satu cerita pelaku bisnis yang terdampak pandemi yaitu Bayu Fajri, pemilik Bayusvara, sebuah perusahaan penyedia jasa rental sound system yang kini beralih strategi bisnis sebagai penyedia jasa pengantaran bahan makanan sehari-hari demi tetap bisa menghidupi keluarga dan karyawannya. Usaha yang dinamakan Segarsvara ternyata membuahkan hasil dan bisa menghidupi para karyawannya selama beberapa bulan ke belakang. Bisnis yang berlokasi di Tangerang selatan ini pernah menerima pesanan sampai 25 titipan per hari. 

Seiring berjalannya waktu, Segarsvara membutuhkan konten kreatif untuk mengenalkan brand-nya kepada masyarakat yang lebih luas. Namun ketidakpahamannya terhadap pembuatan konten dan cara berkomunikasi kepada pasar membuat Segarsvara mengalami kesulitan sehingga berdampak pada kinerja. 

Pada fase inilah sebuah bisnis perlu mendapatkan sentuhan dan dukungan para pekerja kreatif untuk membuat konten promosi dan pemasaran. Segarsvara berkolaborasi dengan Beawiharta yang memiliki keahlian visual storyteller sehingga bisa membantu Bayu memaksimalkan brand building dan kegiatan pemasaran bisnis Segarsvara. 

Berangkat dari permasalahan tersebut, IM3 Ooredoo bersama komunitas Kreatif Hub menawarkan solusi baru untuk membantu para UMKM dan pekerja kreatif tetap bertahan sekaligus lebih berkembang di tengah gejolak pandemi. Bersama Kreatif Hub, IM3 mengadakan program "Berjuang dengan Berkreasi", sebuah kolaborasi brand building yang mempertemukan UMKM dengan para pekerja kreatif atau kreator untuk bisa memajukan bisnis dan usaha. 

Senior Vice President - Head of Brand Management & Strategy of Indosat Ooredoo, Fahroni Arifin, mengatakan besarnya semangat generasi muda dalam berjuang mencari cara menginspirasi IM3 Ooredoo dan KreatifHub untuk mendukung lebih jauh lagi usaha yang mereka lakukan. 

"Mengolaborasikan para UMKM dan pekerja kreatif merupakan salah satu cara untuk mendorong bisnis lokal tetap berkembang guna menggerakkan roda perekonomian. Karena pada akhirnya, Berjuang dengan Berkreasi lah yang dapat menembus segala keterbatasan ini," ujar Fahroni. 

Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengatakan era digitalisasi sekarang harus membuat UMKM juga terakselerasi. 

"Bisnis UMKM sudah tidak lagi dapat mengandalkan pemasaran tradisional saja, sehingga penggunaan konten kreatif terencana secara online dapat membantu mereka mencapai target market yang lebih luas," ujar Leonard Theosabrata. 

Untuk menciptakan visual yang menarik dan dapat diingat banyak orang diperlukan seorang kreator.

“Kreator dapat membantu brand dari segi visual agar lebih diingat oleh banyak orang melalui cerita yang relatable," ujar Nicholas Aristia, Founder Kreatif Hub. 

Kesempatan kolaborasi UMKM dengan pekerja kreatif dalam program “Berjuang dengan Berkreasi” terbuka untuk umum di seluruh Indonesia agar tercipta lebih banyak lagi cerita positif seperti kolaborasi Bayu Fajri dengan Beawiharta. 

Periode pendaftaran bagi UMKM yang ingin mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan para konten kreator telah dimulai dari tanggal 25 Agustus 2020. Nantinya akan ada 75 UMKM terpilih yang mendapatkan konten GRATIS berupa foto, video atau desain dari para kreator professional untuk memaksimalkan brand building usahamu terutama di sosial media. 

Program IM3 Ooredoo tak berhenti di situ, bersama Kreatif Hub juga mengadakan kompetisi konten kreatif yang bisa diikuti oleh UMKM dengan pekerja kreatif yang terdiri dari 3 kategori yaitu konten dalam bentuk fotografi, videografi, dan desain ilustrasi. Kompetisi yang menawarkan hadiah puluhan juta rupiah ini berlangsung pada 8-29 September 2020. 

Untuk detail informasi seputar program Berjuang dengan Berkreasi dan Kompetisi Konten Kreatif, kamu dapat mengikuti informasi di Instagram @kreatif.hub @im3ooredoo, website kreatifhub.com dan https://collabonation.id/

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.