Sukses

Kena PHK, Mulai Saja Binis Online dan Begini 5 Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus COVID-19 masih menjadi permasalahan di seluruh dunia. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat dari virus ini.

Dengan banyaknya kerugian yang dialami dan masyarakat juga harus bisa bertahan untuk kelangsungan hidup maka salah satu pekerjaan yang cocok untuk dilakukan adalah memulai bisnis online.

Bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan melalui internet. Bagi Anda yang ingin menjalankan atau sudah memiliki bisnis online tetapi terabaikan, sepertinya kondisi pandemi saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya.

Bisnis online bisa dilakukan dari rumah dan secara langsung Anda mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja walaupun sudah bertransisi kearah new normal.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online tetapi bingung mulai dari mana? Mengutip dari cnbc, Rabu (26/8/2020) berikut 5 tips untuk memulai bisnis online yang bisa Anda pelajari:

1. Pikirkan tentang 10% keunggulan yang Anda miliki

Cara mengetahuinya melalui pikirkan apakah selama ini ada sesuatu yang telah Anda capai atau ciptakan? Contohnya mungkin seperti diet yang berhasil atau strategi media sosial yang membuat orang penasaran.

Pertanda bagus jika orang ingin membayar sesuatu untuk hal tersebut. Hasil adalah kuncinya. Anda hanya perlu mengajar orang lain untuk mencapai hasil yang sama dengan Anda.

2 dari 3 halaman

Tips Lainnya

 

2. Pertimbangkan skala

Saat membayangkan bisnis yang akan Anda jalani, pertimbangkan keterampilan atau bakat apapun yang dimiliki untuk ditawarkan.

3. Memakai satu platform

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak dapat berada di banyak platform sekaligus. Menggunakan satu platform saja membuat audiens tahu apa yang diharapkan dan membantu membangun loyalitas. Pilihlah satu platform yang cocok dan sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan.

4. Gunakan Customer Relationshiop Management (CRM)

Teknologi CRM membantu mengelola dan mengawasi interaksi Anda dengan calon pelanggan. Ini dapat membantu melihat siapa pelanggan, bagaimana mereka menggunakan konten, dan berapa banyak penjualan yang telah Anda lakukan.

Mengetahui audiens dapat membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan range usia mereka. Juga membantu membuat mereka tetap terlibat dan bersemangat dalam bisnis Anda. Selain itu juga dapat mulai mencari tahu cara memasarkan produk yang Anda miliki kepada audiens.

5. Temukan beberapa sumber

Ada banyak konten di berbagai platform yang dapat membantu Anda membangun bisnis online yang sukses dengan memperluas pengetahuan dan mengasah keterampilan penjualan Anda.

Ini juga dapat mengajari Anda kunci seperti bagaimana menulis strategi bisnis, meneliti pesaing, membangun rencana pemasaran yang sesuai dengan target audiens.

 Reporter: Tasya Stevany 

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: