Sukses

Ingin Pensiun Nyaman? Ini Jumlah Uang yang Harus Ditabung Setiap Tahun

Hidup nyaman adalah idaman bagi setiap orang yang akan pensiun.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahun manusia akan bertambah umur. Sehingga penting untuk dari sedini mungkin menetapkan dan menabung saat diri masih produktif dan bisa membangun karier. Ini agar kelak dapat hidup dengan nyaman pada masa pensiun.

Kebanyakan ahli akan memberitahu untuk membagi uang yang Anda hasilkan ke dalam beberapa tabungan yang berbeda seperti dana darurat untuk keperluan yang benar-benar mendesak, jangka menengah seperti travelling, pernikahan, membeli rumah, dan jangka panjang untuk tujuan pensiun.

Semua itu dilakukan demi hidup nyaman, yang merupakan idaman bagi setiap orang yang akan pensiun. Tetapi tidak sedikit orang mengetahui berapa banyak uang yang sudah dihasilkan untuk ditabung. Bagaimana si cara menabung agar bisa hidup dengan nyaman pada saat pensiun?

Mengutip dari CNBC, Kamis (13/08/2020), berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti:

1. Berapa banyak yang perlu ditabung untuk masa pensiun berdasarkan usia

Sulit untuk mendapatkan jawaban pastinya. Menurut Justin Halverson, penasihat keuangan di firma keuangan Great Waters Financial mengatakan, "Ini ada tolak ukurnya."

Dan berikut uraiannya:

- Usia 30, menabung 1x lipat dari gaji

- Usia 40, tabung 3x lipat dari gaji

- Usia 50, tabung 6x lipat dari gaji

- Usia 60, tabung 8x lipat dari gaji. Dan seterusnya sampai Anda pensiun.”

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Memecahkan tujuan tabungan

Agar tetap di jalur yang benar, memecahkan tujuan penisun yang besar menjadi tujuan tahunan yang lebih kecil adalah salah satu solusinya.

Untuk mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk menetapkan beberapa sasaran gunakanlah perhitungan, untuk mengetahui berapa banyak yang dibutuhkan dan untuk menetapkan beberapa sasaran yang masuk akal bagi Anda.

Namun, situasi setiap orang berbeda, dan tujuan mereka juga berbeda. Oleh karena itu, mungkin lebih baik untuk mengambil pendekatan yang lebih dipersonalisasi untuk strategi tabungan Anda.

3. Pikirkan dalam persentase, bukan dalam angka

Sebagian orang menyimpan persentase tertentu dari pendapatan yang mereka miliki. Penting bagi anda untuk tidak berkorban terlalu banyak pada hari ini untuk masa pensiun yang lebih baik.

Namun seimbangkan semua hal itu dan rencanakan masa depan sambil menikmati hari-hari.

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.