Sukses

Anggaran BKN Dipotong, Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2019 Tetap Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada tahun anggaran 2020 ini turut terkena pemotongan anggaran dari Rp 642,85 miliar menjadi Rp 580,87 miliar, atau berkurang sebanyak Rp 62,08 miliar.

Namun begitu, lembaga memastikan bahwa alokasi pelaksanaan kegiatan untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 tidak mengalami pemotongan sama sekali.

Termasuk untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang rencananya bakal dilaksanakan pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020.

"Kalau anggaran di BKN aman. Untuk SKB tetap kita sediakan," ungkap Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono kepada Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Sebagai informasi, berdasarkan Surat Kementerian Keuangan Nomor S/80/AG/2020, BKN mendapatkan alokasi anggaran untuk pelaksanaan kegiatan seleksi CPNS formas tahun 2019 sebesar Rp 199,86 miliar.

Dengan alokasi tambahan tersebut, maka pagu anggaran BKN pada 2020 plus adanya perubahan postur menjadi sekitar Rp 700,64 miliar.

Pagu anggaran tersebut terbagi atas program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya sebesar Rp 487,11 miliar yang sudah terealisasi 37,26 persen senilai Rp 181,47 miliar.

Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur BKN sebesar Rp 23,72 miliar dengan realisasi 60,72 persen atau Rp 14,40 miliar, dan program penyelenggaraan manajemen kepegawaian negara sebesar Rp 189,80 miliar yang terealisasi 28,56 persen atau Rp 50,41 miliar.

2 dari 4 halaman

Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Bakal Digelar Agustus 2020

Sebelumnya, pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 mengalami penundaan akibat wabah pandemi virus corona (Covid-19). Rencananya, penyelenggaraan tes tersebut akan dilanjutkan pada Agustus 2020.

Namun demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan hingga saat ini belum ada tanggal pasti kapan pelaksanaan SKB CPNS akan kembali digelar.

Adapun secara proyeksi, kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tersebut bakal dilaksanakan hingga awal Oktober 2020. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus untuk menyelesaikan proses tes SKD sekolah kedinasan yang dilaksanakan sejak 1 Juli 2020.

"Kalau tanggalnya belum sih, kita sedang fokus untuk SKD Sekolah Kedinasan. Kalau sekedar ancar-ancar pelaksanaan SKB sekitar akhir Agustus sampai awal Oktober," jelas Paryono kepada Liputan6.com, Jumat (3/7/2020).

Dalam pelaksanaan tes SKB CPNS, BKN sebelumnya berupaya agar itu dapat dilakukan secara langsung alias tidak melalui online. Sejalan dengan rencana tersebut, BKN akan memastikan protokol kesehatan dan keamanan di lapangan.

3 dari 4 halaman

Kesiapan Infrastruktur

Dari aspek kesiapan infrastruktur, BKN kini tengah menyiapkan agar tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bisa digelar. Tapi jika itu tidak memungkinkan, maka BKN telah menyiapkan opsi ujian berbasis online.

Dalam opsi ini, BKN telah melakukan tes uji coba stress testing sistem CAT online. Berbagai kesiapan juga sudah dirundingkan bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Sementara untuk timeline pelaksanaan CPNS hingga tuntas, Paryono melanjutkan, BKN belum menentukannya dan masih menunggu kepastian jadwal tes SKB. "Kalau yang CPNS masih ditunggu, karena masih dalam tahapan rencana SKB," ujar Paryono.

 
4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: