Sukses

5 Cara Sederhana untuk Bisa Menyimpan Uang

Mulai lah mencoba menyimpang uang atau menabung secara disiplin.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang menabung kerap menjadi hal sulit dilakukan. Namun, sekalipun merasa secara naluri bukan seorang penabung, kebiasaan yang mudah dipelajari dapat menjadikan Anda salah satu dari mereka.

Pertama, lakukan penilaian terhadap kebiasaan keuangan pribadi. Jika ada kesenjangan dalam literasi keuangan, tantang diri belajar lebih banyak belajar. Kemudian, perhatikan gambaran hidup Anda secara lebih umum.

"Anda adalah gambaran rata-rata dari tiga orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama Anda," kata Nick Holeman, Perencana Keuangan robo-advisor Betterment.

Apakah itu secara objektif benar atau tidak, Holeman menunjukkan orang yang paling sukses jika memiliki teman sebaya atau dengan pola pikir yang sama.  Ini berlaku pula dalam hal pengaturan keuangan.

"Orang-orang yang disiplin dengan uangnya memiliki teman yang juga menghargai tabungan dan investasi, dan hidup di bawah kemampuan," jelas dia seperti melansir laman CNBC, Rabu (3/6/2020).

Sebab itu, mulai lah mencoba menyimpang uang secara disiplin. Berikut 5 hal yang bisa dipelajari untuk bisa membuat Anda menjadi penabung yang sukses, dan semua tips ini pada dasarnya sangat sederhana. Apa saja?

1. Cari Alasan

Punya alasan konkret untuk menabung. Ini menjadi pertimbangan awal bagi Anda untuk minat menabung. Tanamkan alasan ini pertama kali.

 2. Jadikan Hal pribadi

Semakin tepat sasaran, semakin mudah Anda bersedia menyisihkan uang untuk menabung. Bergantung pada kemauan sendiri untuk terus maju mungkin bukan strategi terbaik. Jika Anda harus terus-menerus mengerahkan energi itu juga, mungkin kehabisan kemauan.

Jika mengumpulkan dana darurat tidak terasa menyenangkan sebagai dasar menabung, maka coba pikirkan Anda ingin melakukan hal yang jadi impian. Anggap pemikiran itu sebagai tiket menuju kebebasan dan fleksibilitas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tidak ada jumlah yang terlalu kecil untuk disimpan

Tak ada istilah menyimpan uang harus dengan nilai besar. Sekecil apapun uang yang ingin disimpan tetap berarti. Kuncinya adalah konsistensi.

Lebih baik menyimpan sedikit secara teratur daripada menunggu sampai berpikir Anda mampu menyisihkan sejumlah besar. Dalam beberapa bulan, saldo akun Anda akan menunjukkan hal baik jika dimulai awal.

4. Lambat dan stabil

Kebiasaan membawa Anda ke tempat yang jadi keinginan. Ini yang harus dipegang untuk bisa menyimpan uang dengan konsisten.

Semakin banyak Anda menabung, semakin besar hasilnya. Itu meningkatkan motivasi.

5. Waktu istirahat

Seseorang harus menerima gagasan penghargaan berbasis tujuan. Sebab itu kadang kala Anda boleh mengambil kesenangan dari uang yang sudah tersimpan.

Misal, jika Anda ingin mencapai target dana darurat tertentu atau melunasi membayar utang kartu kredit, maka berhentilah menabung selama beberapa minggu atau sebulan. Intinya adalah manjakan diri sebelum kembali ke rutinitas menyimpan uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.